Halo Profesi : Soal Dan Kunci Balasan Up Ppg Mapel Ips
Soal berikut disusun untuk membantu anda dalam mempersiapkan diri supaya sukses dalam menghadapi soal UP UKM PPG pada mata pelajaran IPS
Diharapkan untuk berlatih menjawab soal terlebih dahulu ! kemudian mencocokkan dengan kunci tanggapan yang telah disediakan di selesai soal
Baca Juga : Cara licik sukses mengahadapi soal UP PPG
Selamat Berlatih !!!
1. Karakteristik Kurikulum tahun 1994 dilihat dari bahan pelajaran ditata secara terpadu sedangkan keluasan bahan diserahkan kepada guru selaku pengembang kurikulum, hal ini berbeda dengan karakteristik kurikulum tahun 2006 dengan karakteristik ... .
A. lebih praktis dan efektif serta berorientasi pada kompetensi dasar dan standar kompetensi
B. bahan disajikan secara terpisah atau broad-field
C. bahan sangat padat yang terbagi kedalam pokok bahasan
D. memakai pendekatan spiral dari lingkungan terdekat dan sederhana hingga ke lingkungan makin luas dan kompleks
2. Latar belakang dan landasan Kurikulum Pendidikan IPS tahun 1994 dipusatkan pada ketiga kemampuan dasar yaitu membaca, menulis dan berhitung sedangkan kurikulum tahun 2006 berlandaskan pada ... .
A. sejarah nasional sebagai sub bidang studi IPS dan diajarkan secara terpisah
B. menekankan pada ketercapaian kompetensi dasar dari standar kompetensi yang disyaratkan pada setiap kelas
C. bahan pendidikan IPS dipisahkan dan dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan moral Pancasila
D. penyusunan IPS berdasarkan pada pendekatan spiral.
3. Ilmu Sosial sanggup membuat tenaga mahir dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang berkemampuan sosial, pernyataan ini merupakan perbedaan antara IPS dan Ilmu Sosial dilihat dari ... .
A. tujuan
B. pengertian
C. objek
D. pendekatan
4. Hasil observasi yang sanggup dibuktikan secara empiris yakni fakta sedangkan insiden yang pernah terjadi tetapi masih harus dibuktikan kebenarannya yakni perbedaan pengertian antara fakta dan ... .
A. peristiwa
B. generalisasi
C. konsep
D. sejarah
5. Dari pernyataan berikut merupakan pola dari keterampilan sosial dalam proses berguru mengajar ... .
A. pada selesai pembelajaran IPS siswa diberi kiprah membuat laporan karyawisata
B. memimpin diskusi kelompok dalam topik “Banjir”
C. siswa sanggup memakai globe dengan benar
D. siswa sanggup mencari Topik “Kerawanan sosial” dari majalah atau surat kabar
6. Dari Topik “Wilayah Indonesia berpotensi gempa” pilihlah pernyataan yang membedakan pola konsep dan generalisasi :
A. letak wilayah gempa – pada pukul 9.00 WIB terjadi gempa di kepulauan Nias
B. gempa bumi di lautan Hindia – wilayah gempa di Indonesia sanggup dilihat pada Peta
C. gempa Tektonik – gempa yang dahsyat di atas 5 skala Richter
D. pada tahun 2005 terjadi gempa di Aceh – luas kawasan gempa mencapai 15 kilometer
7. Keterampilan siswa untuk memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil keputusan, memakai media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan merupakan keterampilan ... .
A. personal
B. intelektual
C. sosial
D. modifikasi prilaku
8. Dalam topik “Zaman pergerakan Nasional’ pola keterkaitan antara fakta dan konsep dari pernyataan berikut yakni :
A. Gambar tokoh-tokoh pergerakan Nasional – Zaman Kolonialisme
B. Naskah Sumpah Pemuda - Perwujudan Naionalisme sesuai dengan jamannya
C. Persatuan Bangsa – penjajahan menjadikan konflik
D. Pertempuran 10 Nopember di Surabaya – Peringatan Sumpah Pemuda
9. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengajaran globalisasi sebagai imbas animo globalisasi terhadap pembelajaran IPS :
A. membantu siswa berbagi kemampuan pemahaman bahwa insan mempunyai saling ketergantungan
B. membantu siswa bahwa sebagai bangsa mempunyai duduk kasus yang sama ibarat kelebihan penduduk, pencemaran, dan kelaparan
C. membantu siswa berbagi kemampuan berfikir kritis terhadap duduk kasus dan keterampilan menganalisis
D. menyikapi globalisasi dari segi laba saja
10. Proses asimilasi sanggup terjadi secara lambat ibarat hubungan masyarakat China dengan masyarakat Yogjakarta berdasarkan penelitian lambatnya proses asimilasi disebabkan oleh sikap toleransi dan simpati yang kurang diantara ke dua bangsa tersebut hal ini menjadikan ... .
A. stereotype (CARA PENDANG) dalam kelompok primondial
B. etnocentrisme (PENILAIAN)
C. budaya secara umum dikuasai antipati terhadap budaya minoritas
D. masyarakat dengan latar budaya yang berbeda
11. Tanah longsor , abrasi dan pencemaran yang terjadi di suatu tempat merupakan permasalahan lingkungan yang disebabkan faktor ... .
A. daya dukung lingkungan yang tidak memadai
B. perkembangan penduduk yang cepat
C. keterbatasan kemampuan lahan
D. kemajuan peradaban manusia
12. Terjadinya perbedaan kepentingan antara satu individu dengan individu yang lain dalam interaksi sosial sanggup menjadikan duduk kasus dimasyarakat sebagai duduk kasus ... .
A. hukum
B. lingkungan
C. ketertiban
D. norma
13. Untuk menerapkan pembelajaran IPS yang berkaitan erat dengan duduk kasus kesadaran aturan dan pendidikan kesadaran hukum, guru IPS harus bisa menyajikan topik IPS ibarat pernyataan berikut :
A. memperlihatkan konsep-konsep Hukum dalam pembelajaran IPS
B. membayar pajak merupakan kesadaran masyarakat terhadap hukum
C. menyajikan pasal-pasal hukum
D. mengkaji duduk kasus sosial kedalam hukum
14. Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry mempunyai urutan sebagai berikut :
A. fakta – konsep - -generalisasi – kesimpulan
B. duduk kasus – hipotesis – data – kesimpulan
C. data – duduk kasus – hipotesis – kesimpulan
D. konsep – duduk kasus – hipotesis – laporan
15. Menurut Goleman (1996) karakteristik pendekatan sosial dan personal dalam pembelajaran IPS merupakan bentuk pedagogis terhadap dimensi sosial sebagai berikut....
A. emosi, nilai, sikap dan prilaku sosial
B. pengembangan dan latihan
C. kemampuan operasional dan pemain film sosial
D. sebagai objek dan sebagai pengamat
16. Pembelajaran IPS dengan memakai pola masyarakat dari banyak sekali bidang, dan tempat dengan memperlihatkan gambar, kliping dari tokoh tersebut merupakan salah satu langkah model pendekatan dalam pembelajaran IPS model ... .
A. ekspositori berorientasi nilai dan sikap
B. analitik keteladanan
C. kajian nilai
D. integratif konsep dan nilai
17. Model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap dalam Pembelajaran IPS mempunyai karaktersitik sebagai berikut :
A. bentuk komunikasi dialogis melalui ceramah, peragaan dan tanya jawab
B. dengan memakai analisis sampel keteladanan masyarakat dari banyak sekali bidang, dan tempat dengan memperlihatkan gambar, kliping dari tokoh
C. pendekatan kajian nilai secara sistematis dan mendasar
D. pembahasan konsep yang mempunyai implikasi nilai yang dikaji secara akademis
18. Langkah awal yang harus dilakukan dalam perancangan metode pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif untuk memutuskan alokasi waktu yang tersedia dalam memberikan bahan IPS yakni ... .
A. garis besar aktivitas pembelajaran
B. struktur program
C. analisis bahan pelajaran
D. sumber belajar
19. Salah satu ciri dalam merancang metode pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial yakni ... .
A. memberi pertolongan cara melaksanakan diskusi
B. membuat iklim dan mengundang keterlibatan
C. mengandung aspek sosial untuk terciptanya diskusi kelas
D. membantu menyusun program
20. Metode pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS mempunyai ciri karakteristik yang diharapkan dalam membuat suasana hangat, membuat hubungan baik antara siswa dengan guru atau siswa dengan siswa yang bersifat pribadi merupakan tahapan dalam ... .
A. membuat iklim yang mengundang keterlibatan siswa
B. penyajian duduk kasus sosial
C. pelaksanaan program
D. pengenalan prinsip tingkah laku
21. Untuk merancang pendekatan modifikasi prilaku dalam pembelajaran IPS diharapkan lima tahap, tahap yang bertujuan supaya siswa sanggup memahami kesulitan yang dihadapi terutama pada fungsi lingkungan yang tidak permanen merupakan tahap ... .
A. memutuskan data dasar
B. pengenalan prinsip tingkah laku
C. pelaksanaan program
D. tindak lanjut
22. Dalam merancang pendekatan ekspositori dalam Pembelajaran IPS salah satu karakteristik yaitu guru harus memancing pengalaman berguru yang relevan dengan bahan pelajaran IPS yang akan disampaikan merupakan tahap ... .
A. pendahuluan
B. penyajian
C. umpan balik
D. penutup
23. Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif, dalam perancangannya diharapkan tahapan. Ada tahap dimana guru perlu mengambarkan hakikat objek dan kondisi serta menyidik insiden duduk kasus yakni tahap ... .
A. penyajian masalah
B. mengumpulkan dan verifikasi data
C. mengumpulkan unsur baru
D. merumuskan penjelasan
24. Dalam proses pembelajaran siswa dengan pertolongan guru memutuskan duduk kasus sosial sebagai pokok bahasan dengan topik yang menarik, merumuskan duduk kasus dan membatasi ruang lingkup permasalahan proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial yakni tahap ... .
A. orientasi
B. hipotesis
C. definisi
D. eksplorasi
25. Tugas guru mendorong siswa untuk berperan serta dalam kegiatan berguru mengajar dan menyeleksi siswa wacana topik yang ditulis merupakan salah satu langkah dalam perencanaan pembelajaran IPS dengan pendekatan personal yaitu pada tahap ... .
A. membuat iklim yang mengundang keterlibatan siswa
B. melibatkan siswa dalam merumuskan duduk kasus untuk diskusi
C. mengarahkan siswa mengidentifikasi alternatif tindakan
D. membimbing siswa untuk merumuskan kesepakatan
26. Pada tahap pendahuluan dengan memakai metode Pembelajaran IPS dengan model pendekatan ekspositori yakni ... .
A. mengarahkan siswa untuk memilih pokok bahan diskusi
B. memancing pengalaman siswa yang relevan dengan bahan pelajaran
C. diakhir pembelajaran dilakukan penilaian akhir
D. sesudah pembelajaran selesai dilakukan penarikan kesimpulan dan tindak lanjut
27. Pernyataan berikut yang bukan merupakan langkah-langkah dalam merancang alat penilaian pembelajaran IPS yakni ... .
A. menyusun kisi-kisi soal
B. merumuskan kompetensi dasar
C. memilih siswa penerima tes
D. membuat indikator soal
28. Untuk menyusun alat penilaian pembelajaran IPS dengan memakai kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan yakni aspek berfikir ranah kognitif untuk tingkat ... .
A. knowledge
B. application
C. comprehension
D. analysis
29. Untuk mengukur aspek nilai dan sikap sosial pada rancangan alat penilaian hasil pembelajaran IPS diharapkan instrument tertentu, berikut ini yang bukan alat penilaian untuk mengukur nilai dan sikap yakni ... .
A. rating scale
B. chek list
C. wawancara
D. survey
30. Dalam merancang alat penilaian hasil berguru IPS wacana topik ”Penduduk Indonesia”, hasil berguru yang paling sesuai untuk menilai aspek keterampilan dari bahan tersebut yakni ... .
A. mendeskripsikan profil penduduk di Indonesia dengan grafik
B. membaca peta Indonesia
C. mencari informasi penduduk di setiap propinsi
D. memperlihatkan gambar penduduk di Indonesia
31. Suatu titik tolak atau sudut pandang mengenai cara bagaimana mengelola proses kegiatan berguru dan sikap dari para siswa supaya sanggup aktif melaksanakan kiprah berguru supaya sanggup mencapai tujuan berguru yang telah ditetapkan merupakan ...
a. Pendekatan pembelajaran
b. Metode pembelajaran
c. Model pembelajaran
d. Strategi pembelajaran
32. Sebagai pedoman umum dalam menyusun langkah-langkah metode pembelajaran yang akan digunakan, memperlihatkan garis-garis referensi untuk perancangan pembelajaran, menilai hasil-hasil pembelajaran yang telah dicapai, mendiaknosis masalah-masalah berguru yang timbul, dan menilai hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan merupakan...
a. Manfaat pendekatan pembelajaran
b. Fungsi pendekatan pembelajaran
c. Tujuan pendekatan pembelajaran
d. Prinsip pendekatan pembelajaran
33. Konsep berguru yang membantu guru mengaitkan antara bahan yang diajarkan
dengan situasi dunia positif siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Kontekstual
b. Kontruktivisme
c. Deduktif
d. Induktif
34. Pendekatan dalam pembelajaran yang lebih menekankan pada tingkat kreatifitas
siswa dalam menyalurkan ide-ide gres yang sanggup diharapkan bagi pengembangan diri siswa yang didasarkan pada pengetahuan merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Kontekstual
b. Kontruktivisme
c. Deduktif
d. Induktif
35. Pemberian klarifikasi wacana prinsip-prinsip isi pelajaran, kemudian dijelaskan dalam bentuk penerapannya atau contoh-contohnya dalam situasi tertentu merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Kontekstual
b. Kontruktivisme
c. Deduktif
d. Induktif
36. Pendekatan pengajaran yang berawal dengan menyajikan sejumlah keadaan khusus kemudian sanggup disimpulkan menjadi suatu kesimpulan, prinsip atau aturan merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Kontekstual
b. Kontruktivisme
c. Deduktif
d. Induktif
37. Pendekatan yang mengarahkan penerima didik meguasai konsep secara benar dengan tujuan supaya tidak terjadi kesalahan konsep (miskonsepsi) pendekatan pembelajaran...
a. Konsep
b. Proses
c. Open - Ended
d. Saintific
38. Pendekatan pengajaran yang memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk menghayati proses inovasi atau penyusunan suatu konsep sebagai suatu keterampilan proses pendekatan pembelajaran...
a. Konsep
b. Proses
c. Open - Ended
d. Saintific
39. Problem yang diformulasikan mempunyai multijawaban yang benar merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Konsep
b. Proses
c. Open - Ended
d. Saintific
40. Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran semua mata pelajaran mencakup menggali informasi melaui pengamatan, bertanya, percobaan, kemudian mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi, dilanjutkan dengan menganalisis, menalar, kemudian menyimpulkan, dan membuat merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Konsep
b. Proses
c. Open - Ended
d. Saintific
41. Pendekatan pribadi dilakukan guru terhadap anak didiknya untuk memecahkan masalah anak didiknya tersebut merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Individual
b. Kelompok
c. Bervariasi
d. Edukatif
42. Pendekatan yang dilakukan guru dengan tujuan membina dan berbagi sikap sosial anak didik serta membina sikap kesetiakawanan sosial merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Individual
b. Kelompok
c. Bervariasi
d. Edukatif
43. Suatu pendekatan yang dilakukan guru untuk menghadapi permasalahan anak didik yang bervariasi dengan memakai variasi teknik pemecaham duduk kasus tersebut merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Individual
b. Kelompok
c. Bervariasi
d. Edukatif
44. Suatu pendekatan yang dilakukan guru terhadap anak didik yang bernilai pendidikan dengan tujuan untuk mendidik anak didik supaya menghargai norma hukum, norma susila, norma moral, norma sosial dan norma agama merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Individual
b. Kelompok
c. Bervariasi
d. Edukatif
45. Pendekatan yang dilakukan guru terhadap murid melalui rangsangan ekspresi maupun nonverbal serta melalui sentuhan-sentuhan emosi (perasaan) merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Emosional
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman
46. Suatu pendekatan yang dilakukan guru terhadap murid dengan cara membimbing perkembangan berfikir murid ke arah yang lebih baik sesuai dengan tingkat usianyamerupakan pendekatan pembelajaran...
a. Emosional
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman
47. Pendekatan yang memasukkan unsur-unsur agama dalam setiap mata pelajaran dan untuk menanamkan jiwa agama kepada dalam diri siswa merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Emosional
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman
48. Suatu pendekatan yang dilakukan guru dengan memperlihatkan pengalaman-pengalaman terhadap siswa dalam rangka penanaman nilai-nilai pendidikan merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Emosional
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman
49. Pendekatan yang dilakukan guru terhadap murid melalui cara menanamkan kebiasaan yang baik dalam kehidupan mereka merupakan pendekatan pembelajaran...
a. Pembiasaan
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman
50. Pendekatan yang dilakukan dalam IPS memakai pendekatan multidisiplin atau interdisiplin, tidak ibarat halnya ilmu sosial yang memakai pendekatan disiplin ilmu atau…
a. Monodisiplin
b. Multidisiplin
c. Lintas ilmu
d. Perpaduan pengetahuan
Silakan memperlihatkan komentar kalau menginginkan modul PPG dan bahan pembahasan PPG Mapel IPS !!!
DOWNLOAD FILE DI SINI
DOWNLOAD FILE DI SINI
Kunci Jawaban
1. A 11. A 21.B 31.A 41.A
2. B 12. A 22.A 32.B 42.B
3. A 13. B 23.B 33.A 43.C
4. A 14. B 24.A 34.B 44.D
5. B 15. B 25.B 35.C 45.A
6. C 16. A 26.B 36.D 46.B
7. B 17. B 27.C 37.A 47.C
8. A 18. B 28.B 38.B 48.D
9. D 19. C 29.D 39.C 49.D
10. B 20. A 30.A 40.D 50.A
0 Response to "Halo Profesi : Soal Dan Kunci Balasan Up Ppg Mapel Ips"
Post a Comment