Halo Profesi : Soal Dan Tanggapan Up Ppg I Kompetensi Kepribadian Dan Sosial
PENTING !!!
Ingat bahwa soal kepribadian dan sosial dalam Uji Pengetahuan (UP) PPG tidak ada yang bernilai NOL
Tiap pilihan mempunyai bobot masing-masing, mulai dari nilai bobot 1 hingga 5.
Tujuannya untuk mengukur apakah anda pribadi yang unggul atau pribadi yang abal-abal, jadi upayakan berlatih semoga anda sanggup jeli melihat tanggapan yang mempunyai bobot 5, semoga nilai anda bisa maksimal nantinya
Baca Juga : 7 Tips lulus UP UKM PPG 2019 tanpa remedi
Petunjuk :
Pilihlah satu pernyataan yang paling sesuai dengan diri anda.
1. Apabila seseorang menentukan menjadi insan beriman pada Tuhan, maka berdasarkan Anda perilaku mental menyerupai apa yang paling penting dimilikinya ? |
|
a. Mempercayai dengan sepenuhnya bahwa setiap tindakan insan berada dalam pengawasan dan pemeliharaan Tuhan |
|
b. Memiliki pilihan moral yang baik di dikala punya peluang besar mendapatkan laba duniawi namun dihadapkan pada tuntutan beribadah. |
|
c. Amanah dengan pekerjaan alasannya ialah meyakini bekerja sebagai ibadah. |
|
d. Rendah hati dan senantiasa bersyukur. |
|
e. Terbuka untuk mempelajari pengetahuan perihal agama dan keyakinannya. |
|
|
2. Komitmen pribadi dalam berketuhanan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan Anda lebih banyak diwujudkan dengan …. |
|
a. Melakukan kerja bakti atau bakti sosial. |
|
b. Peduli dan mempunyai keinginan menolong sesama |
|
c. Mendukung kegiatan keagamaan. |
|
d. Mengawali hari dengan berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa. |
|
e. Berbaik sangka pada orang lain. |
|
|
3. Berdasarkan pengalaman Anda sebelumnya, metode manakah yang paling sesuai untuk meningkatkan kepekaan akseptor didik terhadap tata nilai dalam masyarakat multikultural ? |
|
A. Widyawisata. |
|
B. Tugas terstruktur. |
|
C. Bermain peran. |
|
D. Diskusi kelompok. |
|
E. Simulasi. |
|
|
4. Pernyataan yang paling sempurna menggambarkan keyakinan Anda yang bergotong-royong perihal kiprah keguruan ialah …. |
|
a. Menampilkan antusiasme dan semangat. |
|
b. Posisi strategis guru sebagai pengelola mutu pendidikan akseptor didik. |
|
c. Merencanakan taktik pengajaran yang meningkatkan minat berguru akseptor didik. |
|
d. Bekerjasama dengan komunitas profesional lain dalam menunjang keberhasilan belajar. |
|
e. Membina hubungan positif dengan akseptor didik. |
|
|
5. Ketika bekerja bersama dengan rekan sesama guru, Anda akan …. |
|
a. Kerelaan untuk mengemukakan diri secara terbuka. |
|
b. Menyediakan waktu membantu kelancaran kiprah bersama dengan sesama guru. |
|
c. Mengharapkan pengertian dari sesama rekan guru. |
|
d. Menyampaikan ilham atau gagasan, secara terang dan sistematis. |
|
e. Mampu menanggapi kritik dan berusaha memahaminya. |
|
|
6. Pada sebuah pertemuan dengan orangtua untuk melaporkan kemajuan berguru akseptor didik, tindakan pertama mana yang Anda pilih ? |
|
a. Memaparkan hal positif dari kemampuan dan minat akseptor didik, semoga orangtua tergerak berbicara perihal anaknya lebih lanjut. |
|
b. Mengamati kondisi akseptor didik dan orangtuanya untuk perbandingan antara respon akseptor didik di rumah dan di sekolah. |
|
c. Menyerahkan buku laporan kemajuan akseptor didik. |
|
d. Mencatat isu dan kehadiran orangtua. |
|
e. Mendengar tuntutan dan kritik orangtua. |
|
|
7. Bekerja sistematis berdasarkan Anda yang utama ialah ketika …. |
|
a. Bekerja berdasarkan intuisi. |
|
b. Bekerja sesuai mekanisme dan dengan sasaran fleksibel. |
|
c. Bekerja sedikit demi sedikit sesuai planning memperoleh capaian proses pembelajaran yang lebih baik. |
|
d. Bekerja keras dengan sungguh sungguh meski dalam kondisi penuh tekanan. |
|
e. Bekerja sesuai rutinitas. |
|
|
8. Sebagai seorang guru dengan akseptor didik yang mempunyai permasalahan berbeda-beda, tentu Anda mempunyai cara tersendiri menghadapinya. Pilihan di bawah ini yang paling sesuai mewakili tindakan Anda terkait hal tersebut ialah …. |
|
a. Mendengarkan keluhan dan melayani kebutuhan serta minat masing masing siswa. |
|
b. Menyampaikan materi pelajaran yang dikaitkan dengan kegunaannya di kehidupan nyata. |
|
c. Memberikan pengarahan dengan terang dan dimengerti oleh masing masing akseptor didik. |
|
d. Menggunakan pendekatan pengajaran yang lebih problematik sehingga siswa terdorong untuk berfikir. |
|
e. Menunjukkan toleransi yang sama kepada semua siswa. |
|
|
9. Seorang siswa yang Anda kenal tengah menghadapi kasus keluarga yang berat, dan nilai-nilai pelajaran yang diperoleh menjadi menurun, maka pertama Anda akan mengambil langkah .... |
|
a. Memberikan kesempatan pada siswa tersebut untuk perbaikan nilai. |
|
b. Mengajak siswa berbicara dari hati ke hati perihal kondisi tersebut. |
|
c. Cukup menyapa hangat dikala istirahat sekolah. |
|
d. Meminta kepada teman-temannya untuk tetap mengajak bercanda dan berinteraksi menyerupai biasa. |
|
e. Memberi teguran keras alasannya ialah prestasi belajarnya menurun. |
|
|
10. Tindakan mana yang Anda pilih ketika ada seorang siswa Anda mengalami kemalangan ? |
|
a. Menemuinya dan berusaha mengetahui bagaimana perasaannya, dan memberi dukungan atas kebutuhan atau keinginannya dikala itu. |
|
b. Memberinya derma dana. |
|
c. Berbagi dongeng dengannya perihal perasaannya dikala itu. |
|
d. Menyampaikan ucapan turut prihatin kepadanya secara langsung. |
|
e. Meminta teman-temannya saja untuk menggantikan Anda tiba menemuinya |
|
|
11. Saat ini anda gres tiga bulan bekerja sebagai guru pengganti mata pelajaran matematika yang mengajar sebanyak 5 kelas sehingga acara mengajar menjadi padat serta ditambah kiprah non akademik. Beberapa akseptor didik merasa kesulitan sehingga nilai ulangannya rendah. Apa yang akan anda lakukan dalam menghadapi situasi tersebut ? |
|
a. Memberikan pelajaran pemanis di luar jam berguru mengajar bagi akseptor didik yang mendapat nilai rendah meskipun sibuk alasannya ialah sudah menjadi tanggung jawab saya. |
|
b. Meminta derma pada akseptor didik llain yang lebih pintar untuk mengajari. |
|
c. Meminta beberapa akseptor didik tersebut mengikuti les pelajaran diluar sekolah. |
|
d. Menganjurkan akseptor didik yang mendapat nilai rendah untuk berguru kelompok alasannya ialah anda sibuk dengan kiprah non akademik di sekolah. |
|
e. Menegur akseptor didik tersebut semoga mereka berguru lebih rajin dengan tujuan mereka menjadi sadar. |
|
|
12. Jika anda melihat kurangnya akomodasi ruang laboratorium serta peralatan untuk praktikum yang kurang lengkap. Sebagai guru, apa yang akan anda lakukan ? |
|
a. Berinisiatif untuk mengajak siswa melaksanakan praktikum dengan laboratorium alam bebas atau di luar ruangan dengan memanfaatkan kejadian-kejadian yang sifatnya alamiah. |
|
b. Berupaya untuk mengkomunikasikan terbatasnya akomodasi kepada pihak sekolah, dan memperlihatkan solusi untuk mengatasinya. |
|
c. Menciptakan laboratorium temporary dengan cara meminjam kelas lain yang kosong untuk dijadikan sebagai ruang laboratorium sementara hingga ada solusi untuk menjawab duduk kasus tersebut. |
|
d. Berupaya mengoptimal apa yang sudah ada disekolah secara maksimal. |
|
e. Menyerahkan segala permasalahan tersebut untuk diselesaikan sendiri oleh pihak sekolah. |
|
|
13. Saat ini anda ialah seorang guru yang sedang ijin berguru untuk studi S2. Pada suatu ketika Anda dihadapkan dengan kiprah kuliah yang menumpuk dan waktu pengumpulannya mendesak, tapi di sisi lain Anda juga harus mempersiapkan materi yang akan disampaikan dikala mengajar. Apa yang anda lakukan ? |
|
a. Saya akan mempersiapkan materi mengajar dengan sebaik-baiknya terlebih dahulu semoga akseptor didik sanggup memahami pelajaran selanjutnya saya akan mengerjakan kiprah kuliah. |
|
b. Saya akan memperlihatkan penugasan berdikari kepada akseptor didik alasannya ialah kiprah kuliah mendesak untuk dikerjakan. |
|
c. Saya akan berusaha menjalankan kedua kegiatan saya dengan melaksanakan manajemen waktu dengan baik dan yang menjadi prioritas ialah mengajar. |
|
d. Saya akan menuntaskan kiprah kuliah terlebih dahulu dimalam hari dan selanjutnya sebelum kelas dimulai saya akan mempersiapkan materi untuk mengajar. |
|
e. Saya akan mencari alasan untuk tidak masuk mengajar untuk sanggup menuntaskan kiprah kuliah. |
|
|
14. Anda diterima sebagai guru di Sekolah Menengan Atas swasta yang ada di Surabaya sedangkan daerah tinggal Anda di kota lain yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam untuk hingga di sekolah. Anda mengajar di sekolah tersebut selama enam hari kerja. Selain itu anda juga diminta pihak sekolah untuk mengerjakan kiprah manajemen diluar jam kerja. Apa yang akan anda lakukan ? |
|
a. Sementara saya akan bertahan sambil mencari lowongan kerja di erat rumah. |
|
b. Saya akan tetap menjalankan kiprah saya sebagai guru dengan sebaik-baiknya meskipun daerah mengajar jauh dan banyak kiprah pemanis yang harus diselesaikan. |
|
c. Saya sering merasa kelelahan dengan jarak tempuh rumah yang terlalu jauh dengan sekolah. |
|
d. Saya merasa terpaksa bekerja dengan jarak tempuh yang jauh, hal ini dikarenakan faktor ekonomi saja. |
|
e. Saya akan tetap bertahan menjadi guru disekolah tersebut dengan meminta keringanan tidak diberi kiprah pemanis diluar jam mengajar alasannya ialah rumah terlalu jauh. |
|
|
15. Anda ialah guru yang mendapatkan kiprah dari Kepala Sekolah untuk melaksanakan sebuah penelitian yang berkaitan dengan metode pembelajaran untuk akseptor didik semoga sanggup meningkatkan efektivitas sistem pembelajaran di Sekolah. Namun, sekolah tidak mempunyai dana untuk mengadakan penelitian tersebut. Bagaimana anda menyikapi duduk kasus tersebut ? |
|
a. Saya akan mengajukan prosopal penelitian saya pada penelitian yang diselenggarakan Pemerintah semoga mendapatkan derma dana sehingga bisa menuntaskan penelitian secara optimal. |
|
b. Saya akan tetap melaksanakan kiprah penelitian tersebut hingga tuntas dengan memanfaatkan akomodasi yang ada secara optimal dan tidak akan menyurutkan semangat saya dalam memperlihatkan hasil yang terbaik. |
|
c. Saya akan menolak secara halus kiprah yang diberikan Kepala Sekolah apabila saya merasa kurang siap dalam menyelesaikannya. |
|
d. Saya merasa kurang tertarik dengan kiprah yang diberikan Kepala Sekolah apabila kurang mendapatkan dukungan dana yang dibutuhkan. |
|
e. Saya akan meminta derma dari rekan guru yang lain untuk menuntaskan penelitian saya. |
|
|
16. Seorang guru di daerah anda mengajar memperlihatkan ketidakpedulian pada semua akseptor didiknya. Guru tersebut hanya tiba dikala mengajar dan tidak berkenan membimbing akseptor didik yang mengalami kesulitan pelajaran. Sebagai sahabat sejawat sesame guru apa yang akan anda lakukan ? |
|
a. Saya akan mengajukan usulan kepada kepala sekolah semoga memperlihatkan teguran pada guru tersebut. |
|
b. Saya akan melaksanakan pendekatan secara persuasif pada guru tersebut semoga mau membimbing akseptor didiknya yang menalami kesulitan dalam pelajaran. |
|
c. Saya akan mengajukan saran kepada kepala sekolah semoga mengevaluasi kinerja guru setiap bulan sehingga dibutuhkan sanggup memperbaiki kekurangan guru dalam melaksanakan tugasnya. |
|
d. Saya akan membisu saja alasannya ialah hal ini bukan merupakan tanggung jawab saya. |
|
e. Saya akan meminta sahabat terdekat dari guru tersebut untuk memberikan nasehat semoga berkenan untuk membimbing akseptor didiknya. |
|
|
17. Sekolah daerah anda bekerja memperlihatkan seragam gres untuk semua guru. Seragam tersebut motifnya elok akan tetapi berbahan tebal dan panas sehingga menciptakan yang menggunakan tidak merasa nyaman. Teman sejawat banyak yang enggan memakainya dan ada juga yang melaksanakan protes terhadap kebijakan menggunakan seragam kerja. Apa yang akan anda lakukan ? |
|
a. Mengikuti sahabat sejawat yang tidak mau menggunakan seragam kerja. |
|
b. Melakukan protes terhadap kebijakan keharusan menggunakan seragam kerja. |
|
c. Mengikuti hukum yang telah ditetapkan dengan menggunakan seragam kerja yang sudah diberikan. |
|
d. Memilih pasif dalam menghadapi situasi yang terjadi. |
|
e. Membeli motif yang sama akan tetapi menentukan materi yang lebih baik untuk dijahitkan sendiri semoga tetap kelihatan menggunakan seragam yang sama. |
|
|
18. Anda ialah guru yang bekerja di Sekolah Menengah Pertama Swasta di Surabaya. Pada suatu hari anda mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik dengan honor yang lebih besar dibandingkan profesi anda dikala ini sebagai Guru. Apa yang akan anda lakukan ? |
|
a. Saya akan tetap menentukan pekerjaan sebagai guru meskipun dengan kesejahteraan yang lebih kecil dibandingkan dengan pekerjaan lain alasannya ialah menjadi guru sudah menjadi cita-cita. |
|
b. Saya akan tetap menentukan pekerjaan sebagai guru meskipun suatu dikala nanti saya ingin pindah ke sekolah lain yang lebih tinggi tingkat kesejahteraannya. |
|
c. Saya akan menolak tawaran pekerjaan tersebut dikala ini, namun saya mau membuka diri untuk menerimanya di kemudian hari. |
|
d. Saya akan mendapatkan tawaran tersebut tanpa berpikir panjang dan segera mengundurkan diri secara baik-baik di sekolah daerah saya mengajar. |
|
e. Saya akan mempertimbangkan tawaran pekerjaan tersebut demi masa depan yang lebih baik. |
|
|
19. Anda ialah guru yang mengajar di SMA. Beberapa akseptor didik anda mempunyai talenta melukis. Anda ditugaskan sekolah untuk menentukan salah satu akseptor didik untuk mewakili sekolah dalam mengikuti lomba melukis antar sekolah. Ada tiga akseptor didik yang anda kenal erat dan baik dibandingkan akseptor didik lainnya. Apa yang akan anda lakukan untuk menentukan pilihannnya ? |
|
a. Saat menentukan perwakilan saya akan melibatkan guru kesenian dan kepala sekolah semoga terjadi obyektivitas dalam menentukan pilihan. |
|
b. Saya akan mengadakan lomba melukis antar akseptor didik dalam sekolah dengan tim penilai guru kesenian dan kepala sekolah. Selanjutnya akseptor didik yang memenangkan lomba yang berhak mewakili sekolah. |
|
c. Saya akan meminta akseptor didik menyerahkan hasil karyanya yang dibentuk dirumah untuk dinilai oleh guru kesenian. Selanjutnya yang terbaik akan mewakili sekolah mengikuti lomba. |
|
d. Saya akan menentukan akseptor didik yang gampang dihubungi. |
|
e. Saya akan menentukan akseptor didik yang mewakili sekolah berdasarkan kedekatan saya secara pribadi. |
|
|
20. Salah satu persyaratan untuk menjadi guru ialah mempunyai kompetensi akademik S1 atau D4. Seorang guru sahabat sejawat anda di sebuah Sekolah Menengan Atas Swasta di Surabaya tidak mempunyai salah satu persayaratan wajib yang diharuskan undang-undang tetapi sudah aktif mengajar. Apa yang akan anda lakukan ? |
|
a. Saya akan melaksanakan pendekatan secara persuasif kepada guru tersebut, dan memperlihatkan isu berkaitan dengan persyaratan tersebut serta membantunya dalam mencapai persyaratan. |
|
b. Saya akan memperlihatkan usulan kepada kepala sekolah semoga mengidentifikasi setiap guru yang belum memenuhi persyaratan wajib seorang guru, kemudian memperlihatkan dukungan semoga mencapai persyaratan tersebut. |
|
c. Saya akan mencarikan isu untuk guru berkaitan dengan program-program pemerintah yang sanggup membantu guru yang belum memenuhi persyaratan wajib sebagai guru. |
|
d. Saya akan melaporkan guru yang bersangkutan kepada kepala sekolah ataupun dinas pendidikan terkait semoga guru tersebut mendapatkan sanksi. |
|
e. Saya akan membisu saja alasannya ialah hal tersebut merupakah tanggung jawab kepala sekolah. |
Demikianlah artikel yang membahas Soal dan Jawaban UP PPG kompetensi kepribadian dan sosial, semoga ada keuntungannya bagi para pembaca. Amin
Baca Juga : 5 FAKTOR PENYEBAB TIDAK LULUS UP PPG
Kunci Jawaban
1. A
2. B
3. A
4. B
5. B
6. A
7. C
8. A
9. B
10. A
11. A
12. A
13. A
14. B
15. B
16. B
17. C
18. A
19. B
20. A
0 Response to "Halo Profesi : Soal Dan Tanggapan Up Ppg I Kompetensi Kepribadian Dan Sosial"
Post a Comment