Halo Profesi : Download Soal Dan Tanggapan Up Ukm Ppg



Berikut ini ialah soal UP UKM PPG (Uji pengetahuan uji kompetensi mahasiswa pendidikan profesi guru) yang muncul pada pelaksanaan tes tanggal 1-2 Desember 2018, pada pelaksanaan PPG dalam jabatan tahap ke-tiga.

SOAL UP 2018

1.      Teman – sobat menilai saya sebagai orang yang dalam bekerjasama dengan orang lain...

a.      Cepat berubah pikiran
b.      Membutuhkan waktu usang untuk mengenal secara dekat dengan orang lain
c.      Selalu memberi masukan secara pribadi ketika ada sikap orang lain yang kurang sesuai
d.     Suka memberi masukan secara pribadi ketika ada sikap orang laon yang kurang sesuai
e.     Mudah mengikuti keadaan serta bisa menjelaskan dengan rinci bilamana ada perbedaan

2.      Kemampuan untuk mencipatakan, mempunyai daya cipta atau bisa membuat sesuatu yang gres baik berupa gagasan maupun alat yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan sikap kreatif guru ketika memberikan ilmu kepada siswa. Model yang sesuai dengan sikap kreatif memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber berguru IPS SD adalah...

a.           Problem based learning
b.           Contextual teaching learning
c.           Project based learning
d.           Open inquiry
e.           Cooperative learning

3.      Anda mempunyai beban mengajar yang tinggi dalam seminggu. Disamping itu, Anda menjadi salah seorang pengurus inti koperasi sekolah untuk kesejahteraan warga sekolah. Apa yang Anda lakukan?

a.              Saya membuatkan kiprah dengan pengurus inti lainnya dalam mengelola koperasi, sehingga tidak mengganggu kiprah mengajar
b.              Saya mengutamakan kiprah mengajar, dengan sedikit mengabaikan kiprah sebagai pengurus kepala sekolah
c.               Saya melaksanakan kiprah mengajar yang diselingi dengan melaksanakan tugas- kiprah pengurus koperasi sekolah.
d.              Saya berusaha menolak penugasan koperasi sekolah karena bisa mengganggu kiprah mengajar.
e.              Saya mengutamakan kiprah pengurus koperasi sekolah, walaupun kiprah mengajar kurang terlaksana

4.      Seorang siswa bercerita kepada guru, kalau ia merasa ditipu oleh temannya yang sudah menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian tengah semester. Tapi pada hari yang telah disepakati temannya tidak tiba dengan alasan ada urusan mendadak. Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya tidak menepati janji, hingga nilainya menjadi jelek. Walaupun sebelumnya keduanya bersahabat, ketika ini mereka tidak saling bertegur sapa. Jika seandainya Anda ialah menerima kisah tersebut, apa yang Anda lakukan?

a.            Memberitahukan pada salah satu pihak bahwa temannya tidak membantu karena perihal yang penting. Selain itu urusan berguru merupakan urusan masing – masing.
b.            Memanggil keduanya, serta memberikan nasehat – nasehat biar keduanya bersahat dan saling membantu.
c.            Memberitahukan pada salah satu pihak bahwa, karena tidak jadi membantu temannya, temannya menerima nilai buruk serta mendorongnya untuk meminta maaf.
d.            Memfasilitasi pertemuan diantara keduanya untuk membangun saling kesepahaman mengenai masalah tersebut dan jalan penyelesaiannya
e.            Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan menyarankan untuk sanggup diselesaikan secara mandiri

5.      Sebagai seorang ketua kelompok kerja guru, ketika membagi kiprah kelompok daya akan...

a.            Membagi kiprah berdasarkan pengalaman yang dimiliki sobat – teman.
b.            Membagi kiprah dengan sama rata untuk semua teman
c.            Memberikan kebebasan pada anggota untuk menentukan pecahan mana yang sanggup untuk dikerjakan
d.            Mengerjakan kiprah yang sulit terlebih dahulu bersam a- sama, gres membagi kelompok sesuai dengan taktik saya sebagai ketua agat pekerjaan selesai.
e.            Membagi kiprah dengan memperhatikan minat dan kompetensi setiap anggota sehingga sanggup melaksanakan kiprah dengan baik

6.      Para siswa berasal dari banyak sekali latar belakang yang berbeda meliputi budaya, nilai – nilai, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan orang tua. Terhadap banyak sekali perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah....

a.            Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama
b.            Menampilkan sikap yang masuk akal terhadap perbedaan – perbedaan pemikiran, sikap, dan sikap anak didiknya.
c.            Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak sanggup dihindari.
d.            Mengurangi perbedaan – perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.
e.            Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan lainnya

7.      Terdapat penerima didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melaksanakan kiprah piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam kalau melaporkan tersebut pada wali kelas. Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

a.            Memberikan eksekusi kepada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak sanggup membangun kerjasama yang baik dalam kiprah yang menjadi tanggung jawab
b.            Guru melaksanakan penilaian keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta memberikan kesannya biar menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.
c.            Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas biar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan ia tidak mengulangi perbuatannya.
d.            Merekomendasikan guru BK untuk melaksanakan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok
e.            Memfasilitasi pertemuan bersama biar terjadi komunikasi antar anggota kemlompok piket kebersihan sehingga anggira menyadari kiprah masing – masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung

8.      X ialah guru di salah satu SD favorit. X mempunyai seorang sobat guru yang pernah menolongnya. Suatu ketika X mengetahui bahwa sobat tersebut berbohong kepada beberapa wali murid yang sanggup mencemarkan nama sekolah. Jika X melapor pada kepala sekolah , maka kasusnya akan ramai dan tem a- sobat tesebut bisa mendapatkan sanksi. Namun bila tidak melapor, lambat laun nama sekolah akan terkotori dan banyak wali murid yang dirugikan. Terkait hal ini, berdasarkan Anda yang sebaiknya dilakukan si X adalah....

a.            Diam saja, karena kalau melaporkan kepada kepala sekolah, baik si X maupun temannya akan menerima masalah.
b.            Mengingatkan temannya dengan menyampaikan kalau melaksanakan lagi, maka ia akan melaporkan ke pihak sekolah.
c.            Mengingatkan temannya untuk itdak mengulangi perbuatannya dan membantu mencari solusi atas masalah yang terjadi.
d.            Meminta temannya untuk mengaku kesalahan di depan kepala sekolah.
e.            Mengajak dan menemani sobat melapor pada kepala sekolah dan membantu mencari solusi

9.      Seringkali seorang guru harus menjalankan kiprah yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keterampilan. Apa tanggapan Anda bila mendapatkan kiprah ibarat ini?

a.            Hanya akan bekerja bila seusuai dengan pendidikan dan keterampilan saya.
b.            Saya akan melaksanakan namun tidak menjamin hasil kerja saya
c.            Saya kan melaksanakan sesudah memberikan pada pimpinan bahwa bahu-membahu itu di luar bidang ilmu dan keterampilan saya.
d.            Saya akan menjalankan sepenuhnya, sekalipun harus menguatkan hati untuk melaksanakannya
e.            Menjalankan kiprah dan mengganggap sebagai kesempatan untuk berguru pada bidang yang belum pernah saya geluti

10.  Di wilayah Anda mengajar ada komunita GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam PGRI. Melakukan penggalangan dana sukarela untuk berjuang ke Jakarta mengusulkan ke pemerintah agar  diangkat sebagai PNS. Jika Anda ialah guru PNS yang telah mendapatkan tunjangan profesi, apa yang akan Anda lakukan?

a.            Mendukung sepenuhnya penggalangan dana itu dengan mengajak sobat guru PNS lainnya untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana.
b.            Memberi nasehat kepada sobat guru GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat sebagai PNS karena pengangkatan PNS ada aturannya.
c.            Menaruh simpati terhadap upaya penggalangan dana itu meskipun tidak harus memberikan kontribusi dalam bentuk uang.
d.            Berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana itu biar memperoleh dana yang cukup dan bisa membayar perwakilan GTT ke Jakarta
e.            Mengusulkan kepada  pengurus PGRI tempat biar membayar perwakilan GTT untuk pergi  ke Jakarta memberikan aspirasinya

11.  Anda mempunyai tetengga yang anaknya tidak didaftarkan ke sekolah meskipun sudah memasuki usia sekolah, karena anak tersebut ialah anak berkebutuhan khusus (ABK). Sebagai tetangga yang berprofesi sebagai guru, apa yang Anda lakukan?

a.            Menjelaskan kepada orang tuanya bahwa ABK juga mempunyai hak untuk sekolah dan terdapat banyak sekolah yang mau mendapatkan ABK sebagai siswanya.
b.            Menyarankan kepada orangtuanya biar menyekolahkan anaknya di sekolah luar biasa (SLB) biar tidak melanggar hak asasi manusia
c.            Meminta pegawanegeri desa untuk mendatangi orang renta tersebut biar mau menyekolahkan ananknya yang menyandang ABK
d.            Meminta guru SLB atau guru pendamping khusus untuk mendatangi dan meyakinkan orang renta tersebut biar mau menyekolahkan anaknya
e.            Meminta pegawanegeri dinas pendidikan untuk mendatangi orang renta tersebut biar mau menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK

12.  Seorang siswa kedapatan membawa handphone ke sekolah. Padahal sekolah bahu-membahu sudah memberikan goresan pena peringatan serta aturan untuk tidak membawa handphone ke sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana Anda menganggapi permasalahan tersebut?
a.            Memanggil siswa dan menasehatinya biar ia tidak membawa handphone ketika di lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya
b.            Apabila mengetahui siswa yang membawa handphone segera memberikan hal ini pada wali kelas serta guru bimbingan dan konseling untuk memperoleh penanganan lebih lanjut
c.            Saya akan lebih aktif dalam mencegah biar siswa tidak membawa handphone ketika di sekolah dengan cara melaksanakan investigasi sebelum bel masuk kelas dan menyita hp untuk sementara waktu
d.            Saya menemui siswa tersebut yang membawa hanphone ketika di sekolah maupun di kelas serta memberikan teguran pribadi dengan cita-cita tidak mengulangi pelanggaran tersebut
e.            Merampas handphone dan memanggil orang renta siswa tersebut biar ikut mengingatkan anaknya jangan samapai membawa handphone ke sekolah.

13.  Salah satu kiprah guru piket ialah membuat surat keterangan pemberian poin pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang sanggup terlambat. Poin pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi hukuman sesuai kesepakatan. Ketika Anda menjadi guru piket ada seorang guru dan anaknya (kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah Anda) tiba terlambat 30 menit. Sesuai aturan tiba terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran sebanyak 30  poin. Tiba – tiba sobat Anda yang terlambat tersebut meminta kepada Anda biar ia dan anaknya tidak dibuatkan surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor pecah. Apa yang akan Anda lakukan?

a.            Memenuhi undangan sobat Anda karena alasannnya masuk nalar tetapi Anda laporkan masalah tersebut kepada kepala sekolah
b.            Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya untuk anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah
c.            Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada sobat Anda dan juga anaknya meskipun jumlah poin dikurangi
d.            Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada sobat Anda dan juga anaknya sesuai aturan
e.            Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan melaporkan kepada kepala sekolah atas masalah ini

14.  Guru banyak memakai ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi tersebut menjadikan prestasi berguru siswa rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara Anda menyelesaikannya?

a.            Saya memanfaatkan alam sekitar sekolah sebagai media dan sumber berguru untuk mengaktifkan kegiatan berguru siswa
b.            Siswa menugaskan siswa membuat media dan sumber berguru yang menunjang topik pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas
c.            Saya bekerja sama dengan orang tua/ wali murid untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajar
d.            Saya meminta siswa untuk berguru di kelas dengan tenang dan memperhatikan klarifikasi guru dengan baik biar berprestasi
e.            Saya mengemukakan masalah tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar ibarat biasanya

15.  Seorang anak berminat pada kelompok peminataan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika menentukan studi lanjut ke SMA. Namun orang tuan bersikukuh biar anaknya menentukan peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang renta menginginkan anaknya menjadi dokter biar masa depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak bisa kalau studi lanjut di kedokteran, dan kurang meminati mata pelajaran ilmu biologi, matematika serta fisika, kimia. Sebagai wali kelas apa yang Anda lakukan?

a.            Menasehati si anak untuk patuh pada orang renta yang telah memilihkan masa depan yang baik karena tidak ada orang tuan yang berniat menjerumuskan anaknya
b.            Memberikan saran kepada orang renta dan si anak untuk mengenali secara objektif kemampuannya dengan konsultasi pada psikolog untuk menentukan bidang peminataan yang sesuai
c.            Menyarankan kepada si anak, untuk memberikan pada orang renta bahwa dirinya tidak berminat dan merasa tidak bisa kuliah pada jurusan kedokteran.
d.            Melakukan kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai materi diskusi dengan biar orang renta memahami potensi anaknya
e.            Bersama guru BK, Anda sebagai wali kelas akan memfasilitasi pertemuan antara orang renta dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama – sama dengan memakai data- data sebagai dasar keputusan obyektif.

16.  Ketika Anda tahu ada siswa berbeda agama tidak sanggup mengikuti pelajaran aksesori yang dianggap sangat penting karena menyiapkan kegiatan ritual keagamannya, maka yang sebaiknya Anda lakukan...

a.            Tetap meminta siswa tersebut mengikuti pelajaran tambahan
b.            Memberi hikmah kepada siswa tersebut untuk mrngganti jadwal ritual keagamaannya
c.            Menyerahkan keputusannya kepada siswa
d.            Memberi hikmah bahwa pelajaran aksesori itu penting dan menyerahkan keputusannya kepada siswa tersebut apakah akan mengikuti atau tidak
e.            Membolehkan siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran aksesori dan memberi kesempatan untuk bertanya atau mengikuti jadwal kelas yang lain

17.  Dalam pelajaran menuju sekolah, pola pemberhentian di perempatan Anda melihat siswa Sekolah Menengan Atas pengendara motor berhenti melewati guru marka jalan. Anda akan melaksanakan apa?

a.            Menegur dengan tegas biar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya
b.            Menjelaskan di depan kelas wacana masalah yang Anda alami biar siswa Anda tidak melaksanakan pelanggaran kemudian lintas
c.            Menegur dengan santun biar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya
d.            Berteriak dengan keras biar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya
e.            Memotret insiden itu dan memberikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah biar tidak melaksanakan hal ibarat itu.

18.  Suatu ketika Anda menjadi tuan rumah dalam kegiatan rutin pertemuan warga RT. semua warga RT diundang untuk kegiatan pertemuan rutin setiap bulan. Tamu pertama yang tiba ke rumah Anda ialah seornag warga paling miskin di RT. apa yang akan Anda lakukan?

a.            Menyalami tamu pertama dan menggandengnya dengan penuh respek untuk duduk di bangku yang telah disediakan
b.            Membiarkan tamu pertama itu mencari tempat duduk sendiri karena tamu lain juga Anda perlakukan ibarat itu
c.            Meminta tamu pertama tu duduk di bangku deretan paling depan untuk menghargai tamu yang tiba paling awal
d.            Sembari menunggu tamu lainnya Anda menemani tamu tersebut sambil ngobrol wacana hal – hal ringam
e.            Mengajak tamu tersebut ke belakangdan menawarinya untuk makan, sesudah itu meminta pemberian untuk menyiapkan kuliner dan minuman

19.  Ada siswa yang kurang berangasan berguru di kelas Anda. Terkait dengan hal ini, tindakan yang Anda lakukan sebagai guru adalah

a.            Membiarkan saja karena sangat mungkin sesuai tersebut tidak berminat pada mata pelajaran
b.            Mengingatkan namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja, dan fokus pada siswa – siswa lain yang memperlihatkan kemajuan
c.            Membangkitkan semangat siswa itu untuk belajar, walaupun kemajuannya sedikit
d.            Menggunakan banyak sekali cara untuk membangkitkan semangat belajarnya
e.            Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan cara membangkitkan semangat belajarnya

20.  Bayangkan suatu ketika Anda sedang berjalan bersama dengan anak Anda. Tiba – tiba ada orang memaki Anda secara tidak sopan, padahal Anda merasa tidak berbuat salah. Apa yang akan Anda lakukan?

a.            Membalas makian orang itu biar agar anak melihat Anda bukan orang renta yang lemah dan mengajarkan pertahanan diri
b.            Menarik orang itu sambil membentaknya biar anak melihat bagaimana caranya membalas perlakuan ornag yang tidak benar
c.            Memberi pelajaran orang itu dengan membentaknya untuk memperlihatkan pada anak bagaimana caranya menjaga harga diri
d.            Mendiamkan orang itu dan segera menyingkir dari tempat biar anak berguru bagaimana caranya menghindari keributan
e.            Mengajak bicara baik – baik dan tegas biar anak melihat bagaimana caranya berkomunikasi dalam kondisi sengketa

21.  Bagaimana sikap Anda terhadap guru yang melaksanakan pembelajaran dengan model bahaya dan pemaksaan kepada perserta didik biar berprestasi unggul?

a.            Sangat tidak baiklah terhadap tindakan guru tersebut dalam rangka meningkatkan prestasi unggul siswa
b.            Tidak baiklah terhadap model tersebut yang dipakai oleh guru dalam meningkatkan prestasi unggul siswa
c.            Cukup baiklah dengan tindakan yang dilakukan guru tersebut untuk meningkatkan prestasi unggul siswa
d.            Setuju dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru bagi peningkatan prestasi berguru unggul siswa
e.            Sangat baiklah dengan tindakan guru tersebut dalam membantu peningkatan prestasi unggul siswa

22.  Karena terbiasa bekerja cepat dan teratur, Anda sering mempunyai siswa waktu sesudah mengajar. Anda melihat ada sobat yang sedang kerepotan mengerjakan sesuatu yang harus segra diselesaikannya. Tindakan yang mencerminkan diri Anda adalah...

a.            Kalau diminta untuk membantu, maka saya tidak bersedia karena khawatir salah
b.            Mengerjakan kewajiban Anda yang lain biar tidak diminta membantu menuntaskan pekerjaannya
c.            Meminta sobat itu untuk istirahat, dan menggantikan ia untuk menuntaskan pekerjaannya
d.            Memahami kesulitan sobat itu, dan siap membantu ketika sobat itu meminta pemberian saya
e.            Segera memberikan pemberian untuk menuntaskan pekerjaan itu karena ia memang perlu bantuan

23.  Saya ialah orang yang menunjang tinggi apa yang telah menjadi prinsip yang saya katakan. Seandainya saya mendapatkan sebuah kiprah yang tidak sesuai dengan prinsip saya. Hal yang saya lakukan adalah...

a.            Menyalurkan pikiran dan perasaan negatif pada sasaran lain
b.            Memendam perasaan negatif yang muncul biar tidak mengganggu pelaksanaan tugas
c.            Mengalihkan perasaan, pikiran, dan perhatian pada hal lain yang bermanfaat
d.            Mengungkapkan pikiran dan perasaan pada orang terdekat yag ada di lingkungan kerja
e.            Mengungkapkan dan mendiskusikan pikiran dan perasaan itu dengan pimpinan

24.  Saat masih pendidikan dulu, daya pernah mendapatkan kiprah yang cukup banyak dari dosen dan waktu pengumpulannya bersamaan. Hal yang saya lakukan ketika itu adalah...

a.            Meminta dosen untuk memberikan batas waktu tenggang pada sebagian tugas
b.            Mengerjakan kiprah yang penting dahulu, lainnya dikerjakan nanti kalau ada waktu
c.            Meminta pemberian sobat untuk mengerjakan sebagian kiprah dan sebagian kiprah dikerjakan  sendiri
d.            Mengerjakan sesuai kemampuan yang penting mengupulkannya
e.            Mengatur waktu biar semua kiprah sanggup diselesaikan dengan tuntas

25.  Anda ditugaskan di sekolah kurang maju yang ditandai oleh kegiatan berguru mengajar tidak optimal, media dan sumber berguru yang minim. Serta kemandirian berguru siswa yang rendah. Apa upaya Anda untuk menghadapi keadaan tersebut

a.            Saya berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk menemukan cara- cara gres memajukan sekolah
b.            Saya mengusulkan kepala dinas pendidikan biar mengutamakan kegiatan peningkatan kemajuan sekolah
c.            Saya meminta kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah
d.            Saya mengajak partisipasi komite sekolah untuk pengadaan media dan sumber berguru yang dibutuhkan sekolah
e.            Saya mendapatkan keadaan sekolah sebagaimana adanya dan melaksankan kiprah mengajar sebagaimana besarnya

26.  Tugas di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sosial silih berganti. Satu kiprah belum belum selesai dikerjakan, kiprah berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi ibarat itu, bagaimana reaksi Anda?

a.            Lebih baik saya tinggalkan sama sekali situasi ibarat itu, karena guru bekerja ibarat robot
b.            Saya ingin mengerjakan seluruh tugas, meskipun biasanya justru menjadi awut-awutan semua
c.            Saya bekerja satu persatu, itu lebih baik daripada kiprah tidak tantangani sama sekali atau meninggalkan tugas
d.            Hal yang penting ialah semua kiprah terselesaikannya karena soal tuntas atau tidaknya pekerjaan tergantung pada situasi
e.            Saya bekerja dengan cepat, semua kiprah terselesaikan sepenuhnya dengan tuntas sesuai planning dan waktunya

27.  Komplek dimana Anda tinggal setiap animo hujan selalu banjir sebagai akhir tidak ada susukan air menuju suangai. Warga sudah beberapa kali mengajukan kepada pemerintah desa/ kelurahan untuk dibuatkan susukan pembuangan air, tetapi tetap saja permohonan itu belum dipenuhi. Akibatnya salah satu warga yang cukup besar lengan berkuasa di wilayah itu mengajak dan atau menghipnotis warga lain untuk tidak membayar pajak pada tahun itu. Sebagai guru apa yang Anda lakukan?

a.            Mengingatkan warga biar tetap membayar pajak karena membayar pajak itu kewajiban warga negara
b.            Tetap membayar pajak meskipun beberpa warga negara terpengaruh terhadap himbauan tidak membayar pajak
c.            Mengingatkan salah satu warga tersebut biar tidak menghipnotis warga lain untuk tidak membayar pajak
d.            Mengajak pegawanegeri RT untuk memohon kembali kepada pegawanegeri desa/ kelurahan biar dibuatkan susukan air
e.            Bersama warga lain mencari sponsor untuk membangun susukan air menuju sungai biar tidak terjadi banjir lagi

28.  Pada rapat desa yang dipimpin kepala desa sedang mengidentifikasi kegiatan desa yang akan dibiayai melalui dana desa. Sebagai guru, kegiatan apa yang akan Anda usulkan?

a.            Membangun akomodasi umum untuk memfasilitasi anak usia dini karena di desa itu belum ada akomodasi AUD
b.            Perbaikan jalan antar dusun biar transportasi lancar, karena jalan dusun tidak sanggup dilewati kendaraan roda empat
c.            Memperbaiki tempat ibadah di desa itu, biar masyarakat sanggup beribadah dengan tenang dan khusuk
d.            Memberi beasiswa bagi anak kurang bisa biar sanggup melanjutkan studi hingga pendidikan tinggi
e.            Pemberian modal usaha dan training kewirausaan bagi keluarga miskin di desa itu biar kemiskinan menjadi berkurang.

29.  Kesempatan untuk menempuh pendidikan lanjut tidak gampang didapatkan. Seandainya Anda mendapatkan kesempatan itu, apakah yang Anda nilai sebagai yang paling penting?

a.      Pengembangan wawasan melalui belajar
b.      Pengembangan jejaring sosial yang bermanfaat kelak bagi pekerjaan
c.       Peningkatan kecakapan dalam melaksanakan kiprah di tempat kerja
d.      Peningkatan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan sebagai hasi studi lanjut
e.      Pengembangan diri sebagai guru yang sanggup bermanfaat untuk diri dan orang lain

30.  Pada sekolah tempat Anda bekerja Anda sering berinteraksi dengan rekan guru lainnya. Suatu ketika salah satu rekan guru Anda menjadi topik perbincangan antara guru – guru Lain di sekolah tersebut karena guru tersebut tidak memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa. Menyikapi hal tersebut apa yang akan anda lakukan pada rekan Anda?

a.      Mendiamkan hal tersebut, karena urusan masing – masing
b.      Menyampaikan pada waka kesiswaaan dan kurikulum agartidak terjadi kesalah pahaman
c.       Menyampaikan secara pribadi tanpa basa – basi
d.      Menyampaikan dengan baik – baik dengan guru – guru lainnya
e.      Membicarakan permasalahan ini secara baik – baik ketika saya dan rekan guru tersebut ngobrol dan sharing santai

31.  Siswa – siswi penerima olimpiade sains nasional (OSN) dari sekolah Anda gagal meraih skor tinggi dalam uji coba OSN. Sebagai pendamping OSN, apa yang Anda lakukan?

a.      Saya merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan latihan lebih intensif bagi penerima didik untuk mengikuti OSN pada waktu berikutnya
b.      Saya meminta para penerima OSN membentuk kelompok berguru materi OSN biar penguasaannya meningkat
c.       Saya meminta alumni OSN untuk mengajari para penerima wacana cara menjawab soal OSN
d.      Saya mendorong para penerima OSN mengikuti aksesori pengayaan materi olimpiade dan guru kelas
e.      Saya mengarahkan orang renta penerima OSN untuk lebih memotivasi anak mereka biar lebih ulet berguru dalam persiapan OSN

32.  Tetangga Anda mempunyai anak yang menyandang penyakit genetik (kakinya cacat sebelah) sehingga jalannya agak pincang. Ketika menginjak usia Sekolah Menengah Pertama anak itu mulai tidak percaya diri karena tidak kuat dibully temannya. Tragisnya anak tersebut tidak naik kelas, sehingga mogok tidak mau melanjutkan sekolah. Meskipun Anda bukan guru dari anak tersebut, apa yang Anda lakukan?

a.      Menasehati orangtuanya untuk membujuk anaknya supaya mau sekolah lagi
b.      Menasehati orangtuanya untuk mendaftarkan anaknya ke homescholing
c.       Menyarankan melaksanakan konsultasi pada anak tersebut biar lebih  percaya diri dan mau sekolah lagi untuk masa depannya
d.      Mendatangi sekolah anak tersebut biar gurunya mengajak anak tersebut sekolah lagi
e.      Menyarankan kepala sekolah anak tersebut biar menghentikan budaya bully

33.  Seringkali dalam bekerja tim, kelompok menentukan pandangan yang bertentangan dengan pendapat Anda. Pernyataan yang paling menggambarkan reaksi Anda adalah...

a.      Keluar diri kelompok karena saya tidak bisa mendapatkan keputusan yang bertentangan dengan keyakinan
b.      Tetap bergabung dengan kelompok namun membisu – membisu mengaharapkan kelompok gagal menjalankan apa yang diputuskan
c.       Tetap bergabung dengan kelompok, namun mengikuti semua kegiatan dengan sepenuh hati
d.      Menerima keputusan kelompok apa adanya, namun tetap bersikap kritis terhadap keputusan yang telah diambil
e.      Menerima sepenuhnya keputusan kelompok, dan melaksanakan introspeksi bila ada pandangan pribadi yang keliru

34.  Saat terjadi tindakan asusila di sekolah antara guru dan siswa, apa yang perlu Anda lakukan?

a.      Membahas bersama pihak internal sekolah dan seger menemukan solusinya
b.      Mendiskusikan insiden tersebut dengan melibatkan pihak – pihak yang berkepentingan
c.       Memanggil guru dan siswa yang bertindak asusila disertai pemberian nasihat
d.      Memberitahukan insiden tersebut kepada pihak – pihak yang berkepentingan biar menerima bantuan
e.      Membiarkan insiden tersebut menghilang secara alamiah biar tidak memalukan sekolah

35.  Dalam diskusi kelompok, saya biasanya dikena sebagai individu yang...

a.      Sulit mendapatkan pendapat orang itu yang kurang logis
b.      Mengikuti semua pendapat orang lain biar tidak terjadi konflik
c.       Membutuhkan waktu usang untuk meyakinkan saya sebelum mendapatkan pendapat orang lain
d.      Dapat mendapatkan pendapat orang lain asalkan tidak terlalu bertentangan dengan pendapat saya
e.      Mampu memahami perbedaan dalam berpendapat

36.  Pada kegiatan tiraktan untuk memperingati hari kemerdekaan RI, Anda menjadi narasumber di sebuah lembaga tirakatan warga. Jika Anda diberi kebebasan untuk menentukan tema yang diuraikan pada kegiatan tersebut, maka Anda akan menentukan tema apa?

a.      menengok sejarah usaha oahlawan kemerdekaan” dengan alasan untuk memberikan pencerahan kepada warga biar menghargai para pendekar kemerdekaan
b.      “tegakkan aturan menuju Indonesia jaya” dengan alasan masalah bangsa Indonesia (terutama budaya korupsi) lebih banyak disebabkan karena lemahnya penegakkan hukum
c.       “kesadaran aturan dalam mangisi kemerdekaan” dengan alasan biar warga mempunyai kesadaran untuk menegakkan aturan dalalm mengisi kemerdekaan
d.      “peran orang renta dalam menataati hukum” dengan alasan taat aturan ialah pecahan dari mengisi kemerdekaan dan harus dimulai dari keluarga
e.      “warga taat aturan masyarakat damai” dengan alasan biar warga selalu taat aturan sehingga kedamaian masyarakat tetap terjaga

37.  Terdapat lima kriteria penialian sobat sejawat yaitu kejujuaran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, dan penampilan. Agar penilaian kepada sobat sejawat yang Anda lakukan objektif maka yang dilakukan adalah...

a.      Setiap aspek dinillai dulu untuk semua teman, contohnya aspek kejujuran dinilai dulu untuk semua sobat gres aspek kedisiplinan dan seterusnya
b.      Merangking aspek kejujuran dari rangking pertama hingga terakhit untuk semua sobat kemudian dilanjutkan merangking aspek  kehidupan dan seterusnya
c.       Menilai satu persatu sobat sejawat dengan lima kriteria (kejujuran, kedisiplinan. Integritas, tanggung jawab, penampilan) sekaligus
d.      Mendiskusikan dengan sobat laini biar hasil penilaian tidak terdensius dan sanggup dipertanggungjawabkan
e.      Perlu mempetimbangkan senioritasmeskipun lima kriteria penilaian sobat sejawat tetap perlu menjadi acuan

38.  Berdasarkan instrospeksi dan pendapat sobat sesama guru, pribadi yang mencerminkan saya adalah...

a.      Orang yang suit untuk mengapresiasi perbedaan cara siswa dalam menuntaskan soal karena membuat galau yang lain
b.      Orang yang sanggup mengapresiasi perbedaan, namun hanya untuk hal – hal yang sanggup dipahaminya saja
c.       Orang yang bisa menyembunyikan pikiran dan perasaan yang tidak bahagia terhadap siswa ketika ada perbedaan dalam menilai sesuatu
d.      Orang yang sanggup mengapresiasi keberagaman dan mempunyai kebenaran untuk beropini untuk sikap sikap yang tidak toleran
e.      Orang yang terbuka dengan masukan atas prinsip dan keyakiran diri, serta siap mengupayakan kompromi dengan orang lain

39.  Pembelajaran bahasa Indonesia memegang peranan yaitu strategis dalam pembelajaran SD. Pernyataan yag tidak mendukung pendapat tersebut...

a.      Pembelajaran bahasa Indonesia sebagai penghela dalam pembelajaran di SD
b.      Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan wahana yang efektif mengembangkan nilai huruf pada siswa
c.       Pembelajaran bahasa Indonesia di SD menekankan pada pemberian pengetahuan wacana bahasa pada siswa
d.      Pembelajaran bahasa Indonesia berperan dalam meningkatkan penguasaan siswa terhadap mata pelajaran lain
e.      Pembelajaran bahasa Indonesia berperan dalam meningkatkan prestasi siswa

40.  Seorang guru menegur salah satu siswa ketika mata pelajaran sedang berlangsung karena ia tidak mendengarkan klarifikasi dari guru dan malah bermain handphone. Pernyataan yang patut dipakai guru untuk siswa tersebut adalah...

a.      “sini berikan kepada saya handphone, kau ini waktunya pelajaran malah bermain handphone sendiri”
b.      “kamu sedang melaksanakan apa dengan handphone itu? Ayo dimatikan dan segera fokus pada klarifikasi pelajaran ini”
c.       “tolong disimpan dulu handphone nya, ketika ini sedang pelajaran. Kamu sanggup memakai nya nanti pada jam istirahat atau sesudah pulang sekolah”
d.      “berikan handphonenya ke saya. Kamu tidak menghargai guru, kalau tidak ingin mengikuti pelajaran silakan keluar dari kelas”
e.      “tanpa pernyataan seraya merampas  handphone siswa sambil terus menjelaskan pelajaran”

41.  Di sekolah Anda mengajar secara umum dikuasai siswa beragama islam, namun ada juga yang beragama non islam. Ketika memasuki bulan ramadhan. Anda mendapati siswa non muslim yang sedang makan di depan kelas ketika sobat – sobat yang lain sedang menjalankan ibdah puasa. Sebagao seorang guru apa yang Anda lakukan untuk menyikapi hal tersebut?

a.      Menasehati siswa biar tidak makan di depan kelas selama bulan ramadhan demi menghormati yang berpuasa
b.      Kesuanya mempunyai haknya masing – masing, boleh berbuat sesuai keyakinanannya
c.       Menasehatinya siswa yang sedang puasa ramadhan, bahwa makan dimanapun itu hak mereka
d.      Meminta siswa tersebut untuk makan di tempat yang sepi biar tidak kelihatan sobat – temannya yang sedang berpuasa
e.      Tidak peduli dengan tindakan yang dilakukan siswa tersebut

42.  R ialah siswa kelas VI SD yang pandai dan sangat rajin menolong. Ayah R sudah meninggal dan ibunya mencari nafkah sebagai pedagang kuliner ringan manis untuk menyukupi kebutuhan anak – anaknya. Seringkali R tidak masuk sekolah, karena harus membantu ibunya berjualan. Sebagai guru R, yang sebaiknya Anda lakukan adalah...

a.      Memeberikan yang sebagai pemberian secara sukarela setiap bulannya
b.      Memperbolehkan R untuk sesekali tidak masuk sekolah karena memberi kesempatan untuk R berguru menolong orang renta dan bekerja
c.       Tetap tidak memperbolehkan R untuk bolos dan mengajak sobat – sobat guru lain untuk membantu keuangannya
d.      Memberikan klarifikasi pada R arti penting dan aturan sekolah, serta mengarahkan apa yang sebaiknya dilakukan
e.      Memberikan klarifikasi pada R dan ibunya wacana arti penting dan aturan sekolah serta mendiskusikan bersama wacana masalah yang dihadapi

43.  Alif bahagia bermain musik. Ia pandai memainkan semua alat musik , termasuk gendang. Ketika alif memukul gendang, udara di depan membran akan terbentuk....

a.    Resonasi bunyi
b.    Mempatan
c.    Regangan
d.    Mampatan dan regangan
e.    Sampul dan perut

44.  Hari ini pelajaran IPA wacana cahaya.pak Made menerapkan kegiatan praktikum mengamati insiden pembiasan beling planparalel. Penilaian yang diterapkan tidak hanya ranah kognitif, tetapi juga psikomotorik. Deskriptor berikut ini untuk menilai keterampilan siswa mengukur besarnya sudut  datang, kecuali...

a.      Membuat garis tegak lurus di atas garis mendatar pengganti beling planparalel
b.      Membuat garis sinar datang
c.       Meletakkan posisi nol busur derajat pada garis tegak, posisi 90 derajatnya berimpit dengan garis mendatar
d.      Mengukur besar sudut antara garis mendatar dengan sinar datang
e.      Mengukur besar sudut antara garis tegak dengan sinar datang

45.  Di tempat topografi curam, ibarat dilereng pegunungan , rawan terjadi longsor bantuan. Hal ini dikarenakan...

a.    Batu mengalami pelapukan
b.    Penambangan watu liar
c.    Curah hujan yang tinggi
d.    Tanah yang bergerak
e.    Tanah tidak kuat menahan batu

46.  Dalam suatu tes, seorang siswa menuliskan balasan berikut

-2×-3 = -6  . Dari balasan tersebut sanggup disimpulkan bahwa siswa tersebut belum memahami sifat... bilangan negatif

a.      Tertutup
b.      Perkalian
c.       identitas
d.      Komutatif
e.      Asosiatif

47.  Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum selesai mengumpulkan kiprah pada tenggang wantu yang telah diberikan dikarenakan banyaknya kiprah yang menumpuk dari mata pelajaran lain, kalau seandainya Anda sebagai guru apa yang Anda lakukan ?

a.      Memberikan akomodasi untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa wacana bagaimna cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada kiprah yang diberikan
b.      Mendorong siswa untuk segeramenyelesaikan kiprah secara maksimal dengan memberikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan
c.       Memberikan toleransi aksesori waktu biar siswa yang belum mengumpulkan kiprah sanggup menuntaskan tugasnya
d.      Tetap meminta kiprah yang telah diberikan dengan hukuman nilai sesuai dengan kiprah yang dikerjakan sebagai upaya untuk mmemberikan imbas jera pada siswa
e.      Menolak kiprah yang dikumpulkan melewati batas waktu biar tidak mengingkari kesepakatan yang sudah disepakati

48.  Perhatikan penyataan berikut:

1)      (1) letak astronomis Indonesia 6 LU – 11 Ls
2)      (2) ibu kota Indonesia ialah Jakarta
3)      (3) penghasil tembakau wilayah yang bersuhu udara panas
4)      (4) kisah rakyat mengandung Majas narasi
5)      (5) ITB berada di bandung. 
Yang termasuk fakta dalam pembelajaran IPS SD adalah,,,

a.    1,2,3
b.    2,3,4
c.    3,4,5
d.    1,3,4
e.    1,2,5

49.  Pembangunan suatu stadion sanggup diselesaikan oleh 20 orang dalam waktu 100 hari. Setelah dikerjakan selama 40 hari ternyata pekerjaan tersebut harus segera disesaikan dalam waktu 40 hari lagi. Agar pmebangunan stadion tersebut sanggup diselesaikan tepat waktu banyak pekerja yang harus ditambah adalah.... orang

a.    6
b.    7
c.    8
d.    9
e.    10

50.  Adanya integrasi sosial berdasarkan pada nilai dan norma yang disepakati bersama dan memberi tuntutan bagaimana indovidu beperilaku. Berikut faktor yang menghipnotis integrasi sosial adalah...

a.      Semangat gotong royong yang semakin bergeser sebagai makhluk sosial
b.      Kebutuhan telah terpenuhi dan adanya persamaan kebudayaan
c.       Adanya konsesus nilai dalam masyarakat dan sikap terbuka pada perubahan
d.      Menurunnya tantangan dari pihak luar dan persamaan visi, misi, dan tujuan
e.      Bergesernya nilai toleransi dan munculnya sikap individualisme .

51.  Melestarikan lingkungan hidup menjadi tanggung jawab semua komponen yang berada di sekolah tersebut. Salah satu contoh penerapan pengunaan lingkungan sekitar sebagai sumber berguru IPS di sekolah dasar adalah...

a.      Membuat tumbuhan hidroponik
b.      Mencegah kerusakan lingkungan
c.       Menghemat penggunaaan listrik
d.      Meningkatkan potensial kebersihan kelas
e.      Mengendalikan pencemaran lingkungan

52.  Konsep ruang dan waktu dalam dinamika kehidupan global sangat berkaitan erat. Contoh pribadi yang sanggup terlihat adalah...

a.      Kebangkitan nasional tahun 1908 sebagai tanggal lahirnya rasa kebangsaan
b.      Dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. soekarno hatta
c.       Melaksanakan pengibaran bendera merah putih lepas dari imbas jepang
d.      Unjuk rasa menuntut biar RUU anti pornografi dan pornoaksi segera disahkan
e.      Konflik antar etnis, ras, suku mengundang perhatian masyarakat dunia

53.  Cermatilah kalimat – kalimat berikut!

1)      akun – akun menyusup ke facebook, twitter, youtube dan susukan media umum lainnya
2)      akun – akun media umum (medsos)dengan konten provoaktif bertebaran di dunia maya
3)      tak jarang pula memicu gaduh karena menebar kebencian dan saling menghinakan
4)      ulahnya meracik isu sering membuat dunia maya riuh
Kalimat – kalimat tersebut sanggup dijadikan paragraf yang padu dengan urutan berikut:
a.      1,2,3,4
b.      2,1,4,3
c.       4,2,1,3
d.      3,1,4,2
e.      2,3,4,1

54.  Bapak sutrisno ialah guru IPS SD dan akan mengajarkan materi  masalah sosial di lingkungan sekitar. Bapak sutrisno memakai media gambar yang memperlihatkan banyak sekali masalah sosial dilingkungan sekitar ibarat kemiskinan, rumah kumuh, dan banjir. melalui penggunaan media pembelajaran tersebut bapak sutrisno mengharapkan siswa tergerak dan tersentuh untuk membantu menyumbangkan apa saja yang tidak terpakai dan masih layak untuk disumbangkan. Melihat urutan di atas bapak sutrisno menentukan media gambar dengan tujuan...

a.      Membentuk huruf sikap dan nilai siswa
b.      Membangkitkan motivasi dan gairah berguru siswa
c.       Tujuan pembelajaran biar gampang tercapai secara baik
d.      Membantu meningkatkan pemahaman siswa melalui media
e.      Pembelajaran menjadi menyenangkan dan terfokus

55.  Perhatikan pola bilangan berikut

             13, 25, 37,49, 511, 613, 715, 817, 919,....
             Bilangan selanjutnya adalah...
a.    1021
b.    1012
c.    1032
d.    1023
e.    1031

56.  Bu yona akan membelajarkan materi listrik statis. Beliau ingin mengemas pembelajaran ibarat bermain sulap. Berbagai alat dan materi sederhana sudah disiapkan. Para siswa juga diminta untuk membawa peralatan tersebut. Model pembelajaran yang cocok diterapkan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah...

a.    Inkuri
b.    Discovery
c.    Problem based learning
d.    Demontrasi dan praktik
e.    Kooperatif

57.  Untuk mengerjakan kiprah dengan baik, apalagi kiprah bertumpuk tumpuk selalu dibutuhkan banyak energi. Terkait dengan hal ini. Pilihlah salah satu balasan yang paling mendekati diri Anda!

a.      Tidak peduli pada banyaknya kiprah apapun, yang penting saya baik – baik saja
b.      Kehabisan tenaga, bahkan sebelum kiprah terselesaikan
c.       Energi terkuras sesudah mengerjakan kiprah sehingga kurang siap mengerjakan kiprah – kiprah berikutnya
d.      Energi hampir terkuras habis, perlu beristirahat beberapa waktu sebelum mengerjakan kiprah berikutnya
e.      Semua terselasaikan sesuai waktu direncanakan sehingga masih ada energi untuk kiprah berikutnya

58.  Gabungan dua kata yang menyebabkan suatu arti gres namun masih mempunyai kekerabatan dengan kata dasarnya disebut kata majemuk.kata – kata berikut yang termasuk didalam kata beragam adalah...
a.      Cuci mata, ruang baca, jual beli,
b.      Simpan pinjam, andal merah, bangku malas
c.       Kambing hitam, mata kaki, basuh mata
d.      Kamar kerja, ringan tangan, hidung belang
e.      Jual beli, simpan pinjam, mata kaki

59.  Pak Dika mengajar di kelas V A SD Cinta damai. Ketika pelajaran berlangsung, siswanya sangat aktif. Suasana kelas selalu gaduh. Suara pak Dika tidak sanggup mengalahkan kegaduhan kelas. Akhirnya pak Dika berinisiatif untuk menerapkan suatu model pembelajaran IPA yang sanggup mendorong siswa untuk fokus pada suatu kegiatan yang mengasyikkan. Model inkuiri terbimbing dipilih untuk mengatasi kondisi tersebut, sekaligus melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hipotesis yang cocok untuk PTK pak Dika adalah...

a.      Siswa kelas V A bisa melaksanakan kegiatan praktikum
b.      Siswa kelas V A aktif mengemukakan pendapat
c.       PTK inkuiri terbimbing sanggup diselesaikan sebanyak 2 siklus
d.      Langkah PTK inkuiri termbimbing terdiri atas 4 tahap
e.      Inkuiri terbimbing sanggup meningkatkan konsentrasi siswa

60.  Salah satu kiprah wali kelas setiap kenaikan kelas harus menentukan 3 siswa terbaik untuk mendapatkan hadiah dari sekolah. Jika Anda sebagai wali kelas, maka hal yang akan Anda lakukan dalam menentukan siswa urutan 1, 2, 3 berdasarkan....

a.      Rata – rata nilai rapor saja
b.      Kepribadian dan nilai rapor
c.       Nilai rapor dan capaian prestasi non akademik
d.      Keterlibatan kepengurusan osis dan nilai rapor
e.      Prestasi akademik dan non akademik

61.  Berdasarkan introspeksi dan pendapat sobat sesama guru, pribadi yang mencerminkan saya adalah...

a.      Orang yang sulit untuk mengapresiasi perberdaan cara siswa dalam menuntaskan soal karena membuat galau yang lain
b.      Orang yang sanggup mengapresiasi perbedaan, namun hanya untuk hal- hal yang hanya sanggup dipahaminya saja
c.       Ornag yang bisa menyembunyikan pikiran dan perasaan yang tidak bahagia terhadap siswa ketika ada perbedaan dalam menulau sesuatu
d.      Orang yang sanggup mengapresiasi keberagaman dan mempunyai keberagaman untuk beropini untuk sikap sikap yang tidak toleran
e.      Orang terbuka dengan masukan atas prinsip dan keyakinan diri, serta siap mengupayakan kompromi dengan orang lain

62.  Sekolah Anda pada simpulan libur semester mengadakan studi tour ke luar kota selama 3 hari dan Anda menjadi salah satu guru pendamping kegiatan study tour itu. Sesuai planning rombongan study tour akan tiba kembali di sekolah hari ahad sore pukul 17.00 karena hari senin ialah hari pertama masuk sekolah. Tetapi karena sesuatu dan lain hal rombongan gres tiba kembali ke sekolah hari senin pukul 03.00 pagi. Beberapa guru berencana untuk ijin tidak masuk pada hari pertama karena kelelahan. Apa yang akan Anda lakukan?

a.      Tetap masuk sekolah meskipun tidak seharian penuh sebagimana hari –hari biasa
b.      Tetap masuk sebagaimana hari – hari biasa meskipun banyak guru yang ijin
c.       Menyarankan kepada para guru yang berencana tidak masuk untuk tetap masuk sekolah
d.      Menyampaikan kepada kepala sekolah biar menghimbau para guru untuk tetap masuk sekolah
e.      Menyarankan kepada penerima didik yang ikut study tour untuk tetap masuk sekolah.

63.  Perhatikan pernyataan berikut:

1)      memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungan melalui pemahaman sejarah dan kebudayaan masyarakat
2)      mengembangkan kemampuan personal dan interpersonal yang sanggup dipakai dalam rangka mengatasi kesulitan hidupnya
3)      memahami konsep dasar dan bisa menggunkan metode yang disesuaikan dari ilmu sosial yang dipakai untuk memecahkan masalah sosial
4)      memiliki kemampuan dan gaya berkomunikasi serta mempunyai jiwa kerjasama dalam masyarakat beragam pada tingkat lokal , nasional dan global
5)      mampu memakai model dan proses berfikir serta membuat keputusan yang tepat
Penerapan nilai – nilai IPS  SD yag dikembangkan dalam kehidupan sehari – hari adalah
a.    1 , 2, 3
b.    2,3 , 4
c.    1,3, 5
d.    4, 5, 1
e.    2, 4, 5

64.  Kepadatan dan kelembapan tanah tidak menjadi hambatan bagi cacaing untuk bernapas. Cacing mempunyai cara tersendiri dalam pengembalian udara pernapasan yaitu memakai ...

a.      Trakea untuk menghirup udara dari tanah
b.      Lapisan kulitnya untuk menyimpan oksigen dari permukaan tanah
c.       Buku – buku tubuhnya untuk mengambil oksigen dari tanah
d.      Kulitnya untuk menghisap udara yang terkandung dalam tanah
e.      Kutikula untuk menghirup udara dari tanah

65.  Perhatikan argumen berikut:
             P1 : kalau Doni ujuan sarjana maka ia pergi berhaji
             P2: kalau doni tidak menukar uang Riyal maka ia tidak pergi berhaji .

             Kesimpulan yang benar adalah...
a.      Jika doni tidak pergi berhaji maka ia tidak menukar uang riyal
b.      Jika doni tidak pergi berhaji ia menukar uang riyal
c.       Jika doni menukar uang riyal maka saya lulus ujian
d.      Doni lulus ujian sarjana tetapi tidak menukar uang riyal
e.      Jika doni tidak menukar uang riyal maka ia tidak lulus ujian sarjana

66.  Anda mempunyai siswa yang ingin sekali menguasai keterampilan yang berdasarkan Anda belum saatnya dikuasai oleh siswa tersebut. Di sekolah, hanya Anda yang sanggup melatihnya, namun Anda tidak mempunyai waktu luang. Ucapan yang tepat dikatakan kepada siswa adalah...

a.      Bahwa siswa tidak perlu berguru keterampilan itu, dan tidak perlu berlatih kepada saya
b.      Bahwa siswa belum waktunya menguasai keterampilan itu, dan saya sibuk sehingga tidak bisa melatihnya
c.       Bahwa siswa itu bisa berguru sendiri untuk menguasai keterampilan itu.
d.      Bahwa siswa tetap mempunyai kesempatan menguasai keterampilan itu dan memintanya mencari instruktur yang diinginkan dari luar sekolah
e.      Bahwa siswa itu mempunyai kemampuan yang baik, punya kesempatan menguasai keterampilan itu, dan mengatur waktu lagi untuk bisa berlatih dengan saya

67.  Menurut saya, citra ideal sorang guru adalah...
a.      Memahami pentingnya perencanaan kerja dan bertanggung jawab dalam pencapaian tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya
b.      Memahami pentingnya pelaksanaan kerja dan perwujudan tanggung jawab biar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya
c.       Melaksanakan kiprah dan tanggung jawabnya sebagai guru biar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya
d.      Melaksanakan kiprah – kiprah sesuai aturan yang berlaku, deskripsi pekerjan dan tanggung jawabnya biar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya
e.      Melaksanakan kiprah secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri maupun kerja sama sesuai aturan yang berlaku, deskripsi pekerjaan dan tanggung jawabnya biar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya

68.  Persamaan kuadrat yang akar – akarnya setengah dari persamaan x2 – 6 + 8 = 0 adalah...
a.    X2 -2x + 4 = 0
b.    2x2 -2x – 8 = 0
c.     X2 -3x + 2 = 0
d.    2x2 – 9 = 0
e.    X2 – 3x – 4  = 0

69.  Salah satu sifat bahasa ialah bersifat manasuka. Maksud dari sifat manasuka tersebut adalah...

a.      Bahasa mempunyai pola dan kaidah yang harus ditaati biar sanggup dipahami oleh pemakainya
b.      Tidak ada kekerabatan logis antara suara dan makna yang disimbolkannya
c.       Bentuk dasar bahasa ialah ujaran karena media bahasa yang terpenting ialah bunyi
d.      Bahasa menjadi berfungsi selama insan yang memanfaatkannya bukan makhluk lainnya
e.      Bahasa ialah sebagai alat berkomunikasi atau alat perhubungan antara anggota anggota masyarakat

70.  Perhatikan penyataan baerikut
1)      sikap toleransi antar warga masyarakat
2)      sikap saling menghargai antar berbeda agama
3)      sikap apatis terhadap masyarakat
4)      sikap mempunyai tujuan bersama antar warga masyarkat
5)      sikap mencapai kekuasaan yang mutlak
Faktor yang menghipnotis asimilasi  adalah...
a.    1 , 2, 3
b.    1, 2, 4
c.    2, 3, 4
d.    2, 4, 5
e.    3, 4, 5

71.  Salah satu kriteria materi pembelajaran apresiasi sastra SD kelas rendah ialah keterbacaan dan kesesuaian. Yang dimaksud dengan kesesuaian adalah...
a.      Sesuai dengan kurikulum yang berlaku
b.      Sesuai dengan kesiapan guru
c.       Sesuai dengan kejiwaan siswa, usia dan lingkungan siswa
d.      Sesuai dengan tingkat pengetahuan masing – masing siswa di kelas tersebut
e.      Sesuai dengan buku siswa dan buku guru

72.  Menurut Anda sikap dan sikap guru yang mencerminkan nilai – nilai keagamaan yang dianutnya adalah...

a.      Rajin ibadah disertai dengan sikap dan sikap yang mencerminkan sikap toleransi yang tinggi dengan apapun dan siapapun
b.      Rajin beribadahdan tidak mentolerir waktu yang mengganggu  ritual keagamaannya dan menolong orang tanpa pamrih
c.       Rajin ibadah disertai dengan sikap dan sikap yang tanpa pamrih dnegan tetap menunjukkkan identitas keagamaan yang berbeda
d.      Rajin ibadah disertai sikap dan sikap yang toleran, namun tetap memperlihatkan prinsip tegas yang perlu diketahui orang lain
e.      Rajin beribadah disertai sikap dan sikap yang proaktif menolong kepada siapapun, serta memperlihatkan sikap – sikap keteladanan

73.  Susunan kata “saya” tidak bisa diubah menajdi “ayas” atau “asay”. Hal itu membuktikan bahasa...

a.      Bahasa itu sistematis
b.      Bahasa itu produktif
c.       Bahasa itu lambang
d.      Bahasa itu bermakna
e.      Bahasa itu manusiawi

74.  Seorang wali murid mendatangi Anda sebagai wali kelas, memprotes bahwa nilai anaknya rendah. Menurutnya si anak telah mengikuti  banyak sekali bimbingan belajar, sehingga tidak mungkin menerima nilai rendah, sementara anak dari tetangganya menerima nilai lebih tinggi padahal anak tersebut biasa saja dan tidak mengikuti bimbingan belajar. Bagaimana tanggapan Anda terhadap wali murid tersebut?

a.      Menunjukkan data capaian berguru anak secara objektif serta memanggil si anak untuk berdiskusi dengan ornag tuanya
b.      Menunjukkan dokumen hasil ulangan harian, mempertemukan wali murid dengan si anak serta memberi kesempatan untuk mendiskusikan prestasi berguru yang dicapai secara obyektif
c.       Menjawab protes wali murid tersebut dengan memperlihatkan rekap data serta memberikan bahwa bimbingan berguru bukanlah penentu tingkat prestasi berguru anak di sekolah
d.      Menunjukkan dokumen hasil ulangan serta memberi kesempatan wali murid untuk mendiskusikan sehingga diperoleh pengertian mengapa nilai anaknya tidak sesuai dengan yang diperkirakannya
e.      Menjawab protes wali murid dengan menyatakan bahwa berapapun kesannya nilai itu merupakan hak dan kewenangan guru

75.  Sebuah benda bermassa 500g bergerak dari posisi membisu dengan percepatan 2m/s2 . bila benda tersebut bergerak selama 10 detik. Maka kecepatan dan gaya yang bekerja pada benda tersebut adalah...

a.    0,2 m/s dan 1N
b.    5m/s , 1 N
c.    20 m/s 1 N
d.    20 m/s , 10 N
e.    20 m/s, 1000n

76.  Yang termasuk manifest sosial problem adalah

a.    Kesenjangan sosial
b.    Konflik antar desa
c.    Kejahatan dunia maya
d.    Kasus korupsi dana pemerintah
e.    Tengkulak / rentenir

77.  Perhatikan penyataan dibawah ini
(1) refleksi (analisis dan interpretasi )
(2) Penetapan  fokus permasalahan
(3)perencanaan tindak lanjut
(4) perencanaan tindakan perbaikan
(5) pelaksanaan tindakan
(6) pengumpulan data (pengamatan / observasi)

Langkah – langkah penelitian tindakan berdasarkan kurt lewin ialah
a.    2, 4,5,6,1,3
b.    4,5,6,2,1,3
c.    3,2,1,4,6,5
d.    1,3,4,6,5,2
e.    1,4,2,3,5,6

78.  Made  usianya masih belia ia tidak sanggup melihat benda dengan jelas. Bayangan benda yang terbentuk kabur dan berbayang. Dokter menyampaikan made mengalami cacat mata astigmatisme. Cacat mata terjadi karena bentuk kornea... (terlalu melengkung/tidak bundar sempurna, bola mata lonjong)

a.    Terlalu cembung
b.    Tidak cembung sempurna
c.    Cenderung cembung
d.    Tidak cekung sempurna
e.    Kadang – kadang berubah cekung

79.  Kelas akselerasi ialah untuk memenuhi kebutuhan siswa yang mempunyai potensi dan talenta akademis luar biassa. Makna istillah akselerasi pada kalimat tersebut adalah...

a.     Unggulan
b.     Peningkatan
c.    Percepatan
d.    Tambahan
e.    Khusus

80.  Rekayasa dalam bidang pertanian sudah sering dilakukan. Rekayasa perkembangan vegetatif buatan biasanya untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan manusia. Jika kita ingin mendapatkan buah durian yang berdaging tebal ibarat durian montong, tetapi rasanya manis pahit ibarat durian unggul tertentu, maka sanggup dilakukan kegiatan berikut, kecuali...

a.      Mengokulasi pohon durian yang buahnya pahit dengan pohon durian berdaging tebal yang rasanya tidak manis
b.      Menyambung pohon durian yang mempunyai daging buah tebal dan manis pada pohon durian yang rasanya pahit
c.       Menangkarkan tunas durian yang mempunyai daging buah tebal dan rasanya pahit
d.      Menyangkok pohon durian yang mempunyai daging buah tebal dan rasanya pahit
e.      Melakukan kultur jaringan batang durian yang memilki buah tebal dan rasanya pahit

81.  Ayah mengendarai kendaraan beroda empat ke rumah nenek berangkat pada pukul 10.00 pagi. Jika ayah mengendarai kendaraan beroda empat dengan kecepatan 60 km/ Jam dan ayah akan tiba di rumah nenek pukul 11.30. maka jarak ke rumah nenek adalah... km

a.    70
b.    75
c.    80
d.    90
e.    120

82.  Jika dalam ujian fisika andi mendapatkan nilai 75 dengan nilai rata – rata kelas 70 dan simpangan baku 10 sedangkan dalam ujian statistika ia mendapatkan nilai 80 dengan rata – rata kelas 75 dan simpangan baku 12 maka...

a.      Kemempuan fisika dan statistika di kelas andi sama variannya
b.      Kemampuan fisika di kelas andi lebih bermacam-macam dari pada kemampuan statistikanya
c.       Kemampuan fisika di kelas andi lebih seragam dari pada kemampuan statistikanya
d.      Kemampuan statistika di kelas andi lebih seragam daripada kemampuan fisikanya
e.      Kemampuan fisika dan statistika di kelas andi tidak sanggup dibandingkan variannya

83.  Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat dalam paragraf....
a.      Pada kurun XXI ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan pemberian ibarat materi makanan, pakaian, obat – obatan, dan tempat tinggal.
b.      Pada kurun ke 21 ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan pemberian seperti, materi makanan, pakaian, obat – obatan, dan tempat tinggal.
c.       Pada kurun ke- 21 ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan pemberian seperti: materi makanan, pakaian, obat – obatan, dan tempat tinggal.
d.      Pada kurun ke dua puluh satu ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan pemberian ibarat materi makanan;  pakaian; obat – obatan;  dan tempat tinggal.
e.      Pada kurun ke stri XXI  ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan pemberian ibarat materi makanan;  pakaian; obat – obatan;  dan tempat tinggal.

84.  Abdulloh mempunyai akuarium yang diisi dengan beberapa ekor ikan. Agar air di dalam akuarium selalu bersih, ayah memasang serat pada selang sirkulasi air guna menangkap pertikular padat. Kegiatan yang dilakukan ayah merupakan contoh peristiwa...
a.    Destilasi
b.    Filtrasi
c.    Ekstrasi
d.    Adsorbsi
e.    Kromatografi

85.  “mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan buku wacana kuliner dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan imbas kegiatan insan secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis dengan menentukan dan memilah kosa kata baku”. Ruang lingkup materi bahasa Indonesia yang terkandung pada kompetensi dasar tersebut adalah....

a.      Makanan dan rantai makanan, teks laporan
b.      Teks laporan, kosa kata baku
c.       Kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem
d.      Kosa kata baku, imbas kesehatan manusia
e.      Bahasa lisan, tulisan, kuliner dan rantai makanan

86.  Dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan penerapan pendekatan whole language, siswa diiharapkan bisa membedakan antara opini dan fakta. Aktivitas pembelajaran yang tepat dilakukan guru adalah...

a.      Guru menjelaskan wacana perbedaan opini dan fakta dan siswa diminta membuat contoh
b.      Siswa membaca contoh opini dan fakta dan membuat contooh opini dan fakta yang lain
c.       Siswa membaca teks wacana yang mengandung opini dan fakta, siswa menulis contoh opini dan fakta dan membcakan di depan kelas
d.      Guru membacakan contoh opini dan fakta dan siswa diminta menulis contoh
e.      Guru meminta siswa menulis contoh opini dan membacakan ke depan kelas.

87.  Teori pemerolehan bahasa yang menyatakan bahwa kematangan berfiir berbanding lurus dengan kemampuan berbahasa adalah..

a.    Nativisme
b.    Kognitivisme
c.    Interaksionisme
d.    Behaviorisme
e.    Empirisme

88.  Bacalah penggalan drama di bawah ini
Suryani :” bahu-membahu saya sudah mnegetahui hal itu semenjak usang pak. Hanya saja saya kurang yakin apakah tindakannya itu bertentangan dengan peraturan perusahaan.”
Dewantara :” Anda ini bagaimana?” sebagai staf personalia Anda mestinya paham aturan – aturan yang berlaku di perusahaan ini.”
Suryani :” bukan bergitu pak. Saya melihat di PT jasa mekanika karyawan yang melaksanakan tindakan serupa tidak dipermasalahkan oleh perusahaan. Makara saya pikir di perusahaan ini pun tidak akan dipermasalahkan . bukan kah kita masih satu induk dengan PT jasa mekanika?”
Dewantara :” kita memang satu induk tapi jenis usaha berbeda, jadi tidak sanggup disamakan begitu saja. Anda paham?”
Suryani:”ya pak, saya akan segera menuntaskan masalah ini.”
Dewantara :”bagus. Selanjutnya Anda pelajari kembali seluruh aturan perusahaan kita!”

             Amanat kutipan drama tersebut adalah...
a.      Peraturan harus di buat secara terang biar gampang dipahami
b.      Peraturan yang berlaku harus di pahami biar tidak terjadi pelanggaran
c.       Peraturan dalam sebuah instansi, harus dibedakan dengan instansi lain
d.      Setiap pelanggaran peraturan harus diselesaikan sesusai dengan aturan yang berlaku

89.  Terdapat arugmen yang menyatakan bahwa:

1)      (1) Memegang teguh hal – hal yang dibawa semenjak kecil
2)      (2) mengenal tradisi baik tradisi etika istiadat dalam lingkungan pertamanya
3)      (3) meyakini kepercayaan yang diperoleh semenjak lahir

              Merupakan konsep pembelajaran IPS SD dalam hal....

a.    Etnosentrisme
b.    Stereotipe
c.    Eksklusivisme
d.    Vanatisme
e.    Primordialisme

90.  Azalea tak pernah menyangka kalau hari ini ia hanya bertemu sandrina. Dan pertemuan itu, sesungguhnya tak ia harapka.azalea terlanjur kecewa pada sandrina. Sandrina yang sedemikian tepat di matanya ternyata menyimpan celah yang tak terbayangkan oleh azalea. Sandrina yang kaya, cantik, pintar, santun. Sandrina yang siap membantu siapapun. Sandrina yang disuatu pagi ditemukan Ode dimakar mewahnya. Dan itu sangat menyakiti azalea. “aku malas sekali untuk bertemu sandrina ma. Aku kecewa”. “ za, begitu juga dengan sandrina. Berikan kesempatan padanya untuk memperbaiki diri. Temui dia!” kata mama dengan lembut. Peribahas yag tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...

a.    Tak ada asap tanpa api
b.    Tak ada gading yang tak retak
c.    Tak ada rotan akar pun jadi
d.    Tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan
e.    Tak kan lari gunung di kejar

91.  Bacalah paragraf berikut.
Trusmi merupakan desa yang dijuluki sebagai pusat batik cirebon. Hampir semua orang mengenal batik bahkan masyarakat tiongkok sangat menyukai motif- motif batik dari desa yang satu ini. Batik banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih 5 km ke arah barat kota cirebon ini. Dari produk rumahan hingga produk pabrikan populer sanggup ditemukan di desa tersebut. Motif nya pun sangat beragam, ada mahkota mega mendung, dan motif – motif pesisiran lainnya. Gagasan utama paragraf tersebut adalah...

a.    Berbagai motif batik cirebon
b.    Produk batik rumahan dan pabrikan
c.    Trusmi sebagai pusat batik cirebon
d.    Kegemaran orang cina kan motif batik
e.    Cirebon sebagai kota batik

92.  Berikut ini yang merupakan pertanyaaan tingkat tinggi kategori C5 taksonomi bloom (revised) adalah....

a.      a.    Hasil uji emisi sebuah kendaraan beroda empat dalam penggunaan bioanol tipe gasohol E-10 dibandingkan dengan premium terdapat pada tabel berikut.
b.      (TABEL)
c.       Apa yang sanggup disimpulkan dari penggunaan premium dan biotanol tersebut?
d.      b.    2 buah kendaraan beroda empat A dan B memakai materi bakar yang berbeda. Mobil A mengunakan materi bakar pertamax, kendaraan beroda empat B memakai pertalite. Harga pertalite Rp 1.500,- lebih mahal dari pertamax. Kedua kendaraan beroda empat diisi materi bakar dengan volume yang sama. Mobil A sanggup menempuh jarak 60 km dan kendaraan beroda empat B sejauh 80km. Bahan bakar mana yang lebih efisien?
e.      c.    Sebuah kendaraan beroda empat berjalan dengan kecepata 60km/jam. Jarak yang ditempuh 240km. Berapa usang kendaraan beroda empat itu berjalan
f.        d.    Ketika kecepatan suatu kendaraan beroda empat ditingkatkan menjadi 2 kalinya bagaimana besar percepatannya
g.      e.    Rancanglah sebuah kompor listrik yang mempunyai daya 100 watt, kalau disediakan kawat nikelin berdiamter 0,05mm. Sumber tekanan yang ada 220 volt.

93.  Alat peraga yang tepat untuk memahamkan konsep perpangkatan bilangan adalah...

a.      Menggunakan kartu bilangan yang dibentuk khusus untuk permainan dan alat hitung
b.      Memotng sedotan sama panjang dan dilakukan berulang – ulang untuk setiap sedotan hasil potongan  sebelumnya
c.       Memotong kertas berbentuk persegi panjang berdasarkan diagonalnya secara berulang dan sama besar
d.      Melipat kertas berbentuk persegi panjang beberapa kali dan menghitung kelilingnya
e.      Menggunakan kertas berpetak dan kemudia diberi arsiran berdasarkan arah horisontal dan vertikal

94.  Perhatikan argumen berikut
P1: kalau koni lulus ujian maka ia pergi ke luar negeri
P2 : kalau koni tidak menukar uang uang dolar maka ia todak pergi keluar negeri

Kesimpulan benar adalah...
a.      Jika koni tidak pergi ke luar negeri  maka ia menukar uang dolar
b.      Jika koni menukar uang dolar maka ia lulus ujian
c.       Koni lulus ujian tetapi tidak menukar uang dolar
d.      Jika koni tidak menukar uang dolar maka ia tak lulus ujian
e.      Jika koni tidak pergi ke luar negeri maka ia tidak menukar uang dolar

95.  Organ penyusun gerak atau rangka insan terdiri atas beberpa pecahan namun pecahan – pecahan tersebut memiliku fungsi yang sama. Berikut ini merupakan fungsi dari rangka insan kecuali...

a.      Sebagai alat gerak aktif
b.      Tempat melekatnya otot
c.       Tempat penyimpanan mineral
d.      Tempat pembentukan sel – sel darah
e.      Tempat pembentukan sum – sum merah

96.  Manusia merupakan komponen abiotik yang mempunyai nalar pikiran, kemampuan tersebut sanggup dipakai untuk mengubah alam. Salah satu peranan insan yang memberikan manfaat bagi alam adalah...

a.      Mengadakan reboisasi dan penghijauan dalam rangka menajaga kelestarian alam
b.      Berubahnya ekosistem alam menjadi ekosistem binaan sehingga biota sanggup terpelihara
c.       Memberikan senyawa tertentu untuk meningkatkan tumbuhan dan fauna
d.      Melakukan sistem pertanian dengan memakai sistem modern
e.      Melakukan perubahan profil

97.  Diberikan KD 3.3 “Membandingkan dua bilangan hingga dua angka dengan memakai kumpulan benda- benda konkrit. Tugas yang sesuai dengan KD di atas adalah...

a.      Menghitung banyak antrian untuk mencuci tangan
b.      Merinci banyak kegiatan ketika makan
c.       Merinci kiprah masing – masing anggota keluarga
d.      Menghitung banyak siswa kelas 5 dan 6 ketika upacara hari senin
e.      Menghitung banyak anak yang tidak masuk dalam 2 hari

98.  Seorang siswa kelas I diminta gurunya untuk menulis contoh – contoh kalimat beragam berdasarkan gamabr yang ada di papan tulis. Hal ini membuktikan guru tersebut tidak memahami karakteristik perkembangan ..... siswa

a.    Kognitif
b.    Bahasa
c.    Moral
d.    Sosial
e.    Emosional

99.  Perhartikan pernyataan yang disampaikan dalam diskusi berikut
“sertifikasi guru dilakukan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Melalui sertifikasi diharapkan akan tersaring guru – guru yang berkualitas. Guru yang belum tersertifikasi diharapkan akan meningkatkan kualitasnya”. Pertanyaan yang paling tepat disampaikan dalam diskusi adalah...

a.      Apa yang dimaksud dengan sertifikasi guru?
b.      Mengapa sertifikasi guru perlu dilakukan?
c.       Kapan guru yang belum tersertifikasi sanggup meningkatkan kualitasnya?
d.      Mengapa sertifikasi guru sanggup meningkatkan kualitas pembelajaran?
e.      Berapa usang jangka waktu sertifikasi dilakukan?

100.       Siswa bisa berpidato, aspek yang sanggup dinilai untuk mengukur ketercapaian KD tersebut adalah....

a.      Lafal, intonasi, tanda baca, penampilan
b.      Lafal, ejaan, ekspresi, penampilan
c.       Lafal, diksi, ekspresi, percaya diri
d.      Lafal, intonasi, ekspresi, penampilan
e.      Lafal, intonasi, penguasaan topik, penampilan

101.       Sebuah penampung air dengan volume 36.000 liter akan penuh kalau dengan kecepatan 2liter/ detik. Lama pengisian penampung adalah.... jam

a.    4
b.    4,5
c.    5
d.    5,5
e.    6

102.         Perhatikan pernyataan berikut

1)      kesadaran informasi masyarakat yang masih belum maksimal
2)      penggunaan teknologi informasi yang belum merata dan mengakar dalam kehidupan masyarakat
3)      penerapan budaya informasi di dorong oleh perkembangan atau kej=bijakan nasional
4)      kapasitasn penemuan nasional yang belum maksimal
5)      dibuat UU iptek

Faktor penghambat fenomena interaksi perkembangan iptek di Indonesia adalah...
a.    1,2,3
b.    2,3,4
c.    3,4,5
d.    2,3,5
e.    1,2,4

103.       Rangkaian listrik terdiri atas 3 buah lampu yang mempunyai hambatan sama besar dipasang secara paralel dan dihubungkan dengan sumber tegangan sehingga menjadi rangkaian tertutup. Bila hambatan penggantinya 2,5 ohm dan kuat arus yang mengalir sebesar 2 A, serta hambatan dalam dari sumber tegangan sebesar 0,5 ohm. Maka hambatan masing – masing lampu adalah...

a.    2 ohm
b.    2,5 ohm
c.    3 ohm
d.    4 ohm
e.    6 ohm

104.       Apa bila kemampuan yang diharapkan oleh guru IPS SD ialah siswa sanggup menguasai memberikan pendapat wacana hakikat permasalahan sosial  di lingkungan sekitar, maka jenis tes yang tepat diberikan oleh seorang guru IPS SD adalah...

a.    Uji kinerja
b.    Uraian
c.    Menjodohkan
d.    Obejektif pilihan ganda
e.    Benar salah

105.            Perhatikan pernyataan berikut

1)      sebagai media daring
2)      sebagai media penelususran materi pembelajaran
3)      sebagai komunikasi antar kelompok
4)      sebagai piranti sofware
5)      sebagai media guru untuk mengumumkan suatu hal yang penting

Peran IPTEK bagi siswa SD di era milenial adalah....
a.    1,2,3
b.    1,2,5
c.    2,3,4
d.    2,4,5
e.    3,4,5

Demikianlah artikel yang menampilkan Download soal dan balasan UP UKM PPG
Terima kasih semoga bermanfaat
Untuk mendownload artikelnya silakan klik DI SINI

Latihan soal dan balasan UP PPG, kompetensi Kepribadian dan sosial

Baca Juga : Rangkuman Pemetaan Modul Pedagogik SD, SMP, SMA/SMK

Nb: silakan tinggalkan komentar kalau ada hal yang ingin dipertanyakan !

Baca Juga : 5 Hal penting ! yang justru tidak diajarkan di sekolah

DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2018 (LENGKAP SEMUA TEMA)


0 Response to "Halo Profesi : Download Soal Dan Tanggapan Up Ukm Ppg"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel